detikHot

art

Hong Kong Arts Month Menginspirasi Emte untuk Terus Berkarya

Kamis, 21 Feb 2019 18:35 WIB Tia Agnes - detikHot
Hong Kong Arts Month Menginspirasi Emte untuk Terus Berkarya Foto: Istimewa Hong Kong Arts Month Menginspirasi Emte untuk Terus Berkarya Foto: Istimewa
Jakarta - Muhammad Taufiq alias Emte dan Naufal Abshar adalah seniman yang turut diundang merasakan sensasi menjelajahi Hong Kong Arts Month 2018 lalu. Pengalamannya hampir seminggu berada di kiblat seni Asia, menurut Emte menginspirasinya.

"Pastinya di sana sangat menginspirasi yah. Aku bisa lihat karya seniman lain, banyak tempat atau art district atau artspace yang benar-benar beda banget dari yang aku bayangin," tutur Emte saat diwawancara usai jumpa pers Hong Kong Arts Month 2019 di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Kamis (21/2/2019).

Dia menceritakan di salah satu distrik yang penuh dengan kawasan pabrik, dari luar tak terlihat sebagai galeri seni maupun komunitas tertentu. "Serunya merasakan pengalaman lihat art event atau artspace di tempat yang nggak kebayang. Naik lift barang, trus jadi wow beda banget deh," ujarnya lagi.


Hong Kong Arts Month Menginspirasi Emte untuk Terus BerkaryaHong Kong Arts Month Menginspirasi Emte untuk Terus Berkarya Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Dari pengalamannya merasakan Hong Kong Arts Month 2018, yang paling berkesan bagi Emte ketika ia mendatangi Harbour Art Fair. Di dalam kamar Hotel Marcopollo Hong Kong, ada banyak karya seni yang dipajang.

Satu atau dua kamar hotel memajang karya seniman-seniman dari galeri tertentu.

"Ini berkesan karena kita menikmati karya seni bukan di galeri, yang mungkin ada karya yang bukan hanya jadi pajangan tapi merespons ruang. Seni dan kehidupan sehari-hari itu tidak berjarak. Seni bisa berada di sekitar kita," ujar Emte.

Dari sudut-sudut kota Hong Kong pula, Emte kerap terinspirasi menceritakan gambar. "Seni bisa jadi medium untuk belajar sejarah atau suatu tempat untuk media lain. Seperti mural di rolling door di Sham Shui Po yang berkesan banget," tukasnya.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed