DetikHot

art

Digelar ke-12 Kalinya, ARTJOG Tahun ini Hadirkan Kurator Baru

Jumat, 08 Feb 2019 20:31 WIB  ·   Pradito Rida Pertana - detikHOT
Digelar ke-12 Kalinya, ARTJOG Tahun ini Hadirkan Kurator Baru Foto: Pradito Rida Pertana
Yogyakarta - Seperti tahun-tahun sebelumnya, ARTJOG menggelar sosialisasi terkait program dan tema yang diusung pada tahun ini. Selain itu, untuk tahun ini ARTJOG akan menghadirkan kurator baru.

Direktur ARTJOG MMXIX, Heri Pemad mengatakan, bahwa sosialisasi terkait ARTJOG merupakan tradisi sejak dihelatnya ARTJOG pertama pada tahun 2008. Namun, diakuinya untuk sosialisasi tahun ini sedikit terlambat.

"Sebenarnya agak terlambat (Sosialisasi ARTJOG MMXIX gara-gara Art Bali, seharusnya (bulan) November atau Desember. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali," ujarnya saat sosialisasi ARTJOG MMXIX dan Jogja Art Weeks 2019 di Pendapa Ajiyasa, Komplek Jogja National Museum (JNM), Jalan Ki Amri Yahya No. 1, Kota Yogyakarta, Jumat (8/2/2019).




Lanjut Heri, dalam sosialisasi tersebut tidak hanya mensosialisasikan tema dan program baru yang diusung ARTJOG MMXIX. Di mana untuk tahun ini, ARTJOG mengusung tema Arts in Common, Common | Space.

"Perbedaannya tahun ini ada kurator baru, dulu Bambang Toko dan sekarang (Digantikan) Agung Hujatnika," ucapnya.

Menurutnya, hanya ada satu kurator baru dalam ARTJOG MMXIX, sedangkan kurator satunya masih Ignatia Nilu. Mengenai adanya kurator baru tersebut, Heri menyebut ingin ada penyegaran dalam gelaran ARTJOG tahun ini.

Digelar ke-12 kalinya, ARTJOG Tahun ini Hadirkan Kurator BaruFoto: Pradito Rida Pertana
Sementara itu, Project Manager ARTJOG MMXIX, Gading Paksi menjelaskan, untuk program ARTJOG tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya. Adapun program tersebut seperti pameran utama, program Jogja Art Weeks, curatorial tour dan meet the artist, marchandise project dan daily performance program.

"Tapi ada tambahan untuk tahun ini, yaitu program lecture sebagai pendamping pameran utama. Untuk merchandise project, di sini kami ingin ajak seniman yang terlibat merespon tema ARTJOG, nanti juga akan ada workshop terkait merchandise project," ucapnya.

Perlu diketahui, gelaran ARTJOG MMXIX mengambil akan dihelat selama satu bulan, yaitu mulai tanggak 25 Juli sampai 25 Agustus 2019. Sedangkan untuk lokasi masih sama dengan tahun sebelumnya yakni di Jogja National Museum.
(dar/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed