detikHot

art

Heri Dono Boyong Karya Seni 'Smiling Angels from the Sky' ke Hong Kong

Kamis, 07 Feb 2019 11:07 WIB Tia Agnes - detikHot
Heri Dono Boyong Karya Seni Smiling Angels from the Sky ke Hong Kong Foto: Tia Agnes/ detikHOT Heri Dono Boyong Karya Seni 'Smiling Angels from the Sky' ke Hong Kong Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Seniman asal Yogyakarta Heri Dono dipastikan bakal memajang karya-karyanya di Art Central Hong Kong pada Maret mendatang. Salah satu karya yang diboyongnya adalah 'Smiling Angels from the Sky'.

Karya seni instalasi Heri Dono dikenal dengan penggabungan karakteristik pengaruh kontemporer dan unsur tradisional. "Heri Dono juga menggabungkan cerita rakyat di karya-karyanya," tulis keterangan pers yang diterima detikHOT, Kamis (7/2/2019).

Karyanya terdiri dari patung-patung berukuran kecil dan menyerupai bentuk malaikat. Meski patungnya malaikat, namun ia tidak mau mengaitkan dengan agama tertentu.

"Patung-patung malaikat ini merupakan simbol dari roh halus. Malaikat yang tersenyum mewakili antusiasme dalam menghadapi masa depan," tulis keterangan Heri Dono.



Malaikat yang datang dari langit adalah simbol wacana kehidupan. Ada imajinasi, fantasi, mimpi yang menginspirasi bangunan kehidupan, budaya, serta peradaban manusia dan alam semesta. Malaikat itu bakal membawa energi 'cakra' dari para dewa.

Heri Dono Boyong Karya Seni 'Smiling Angels from the Sky' ke Hong KongHeri Dono Boyong Karya Seni 'Smiling Angels from the Sky' ke Hong Kong Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Heri Dono dikenal sebagai seniman yang telah melanglang buana residensi dan menggelar pameran. Pada 2015 lalu, ia mewakili Indonesia di ajang Venice Biennale ke-56.

Karyanya telah dikoleksi di Deutsche Guggenheim, Fukuoka Art Museum, Singapore Art Museum, National Gallery of Australia, dan Tropenmuseum Belanda.



Karya instalasi Heri Dono bakal berada di bagian PROJECTS Art Central Hong Kong pada 27-31 Maret. Kurator bagian PROJECTS Art Central, Ying Kwok menuturkan tahun ini ada 6 seniman lokal dan internasional yang menciptakan karya berskala besar termasuk instalasi suara interaktif.

"Ada lukisan berbasis teks dan patung berjalan. Letaknya berada di sepanjang dan setiap sudut Art Central. Kami ingin karya-karya dari PROJECTS bisa memberikan pengalaman mendalam bagi pengunjung," pungkasnya.



(tia/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com