DetikHot

art

Karya Seni Uang Kertas Palsu Banksy Siap Mejeng di Museum Inggris

Senin, 04 Feb 2019 10:40 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Karya Seni Uang Kertas Palsu Banksy Siap Mejeng di Museum Inggris Uang kertas palsu yang menggambarkan Putri Diana. Foto: Ist
Jakarta - Uang kertas palsu yang menggambarkan Putri Diana pernah mengejutkan Museum Inggris. Karya tersebut tiba-tiba saja dipajang di dinding museum saat itu dan 15 tahun berikutnya karya berjudul 'Di-Faced Tenner' ciptaan Banksy bakal dikoleksi secara resmi oleh museum.

Museum Inggris memperoleh karya pertama dari seniman grafiti anonim tersebut pada 2004. Uang kertas senilai £ 10 palsu yang menggambarkan Putri Wales Diana akan bergabung dengan koleksi koin, medali, dan mata uang lainnya.

Di tahun 2004, Banksy memang merencanakan aksi seni di berbagai tempat di Inggris. Dia memproduksi ribuan salinan. Kurator uang modern di Museum Inggris Tom Hockenhull mengungkap pihak museum selama bertahun-tahun mencoba mendapatkan karya seni yang asli untuk menambah koleksi.

"Masalahnya Banksy secara efektif memproduksi karyanya dalam bentuk fotokopi, orang lain dapat melakukannya juga. Tidak ada cara yang benar-benar efektif untuk memverifikasinya apakah mereka berasal dari Banksy atau tidak," ujar Tom Hockenhull dilansir dari Guardian, Senin (4/2/2019).




Menurutnya, Banksy adalah salah satu seniman yang berani menciptakan lalu menghancurkan karya.

"Ia bergabung dalam daftar panjang seniman yang menciptakan, mengadaptasi, dan menghancurkan karya atau mata uang untuk tujuan pekerjaan seni mereka," katanya.

Banksy pernah menggambarkan asal usul uang kertas Diana £ 10 dalam filmnya 'Exit Through the Gift Shop' yang masuk Nominasi Oscar 2010. Dalam film itu, ia mengatakan akan menghasilkan £ 1 juta poundsterling dan berencana membuangnya dari sebuah gedung bertingkat, namun aksi tersebut dibatalkan.
(tia/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed