ADVERTISEMENT

Komikus 'Dragon Ball' Raih Penghargaan Eisner di Amerika

Tia Agnes - detikHot
Senin, 21 Jan 2019 18:23 WIB
Komikus 'Dragon Ball' Raih Penghargaan Eisner di Amerika Foto: Istimewa
Jakarta - Setiap tahunnya penghargaan Eisner yang berlangsung di San Diego Comic Con memberikan anugerah kepada komikus. Tahun ini penghargaan bakal diberikan oleh komikus Akira Toriyama dari manga 'Dragon Ball' dan Naoki Urasawa.

Kedua nama komikus itu bakal menerima Will Eisner Comic Awards Hall of Fame di 2019. Mereka sukses diseleksi dari 16 nama komikus yang masuk.

Ke-16 nama yang awalnya terpilih berasal dari industri penerbit, editor, novelis grafis, sejarawan komik. Lalu nama-nama dipilih secara online untuk masuk ke dalam empat nominasi.



Sebelumnya ada nama-nama nominasi di antaranya adalah Brian Bolland, Kevin Eastman, Jose Luis Garcia-Lopez, Lynn Johnston, Jenette Kahn, Paul Levitz, Alex Niño, Lily Renée Wilhelm Peters Phillips, Wendy dan Richard Pini, P. Craig Russell, Bill Sienkiewicz, dan Don dan Maggie Thompson.

Setelah melalui proses seleksi, tim dewan juri yang terdiri dari Jim Aparo, June Tarpe Mills, Dave Stevens, dan Morrie Turner memilih dua nama tersebut. Akira Toriyama memulai manga bersambungnya 'Dr. Slump' pada 1980. Dia pun mulai menulis cerita 'Dragon Ball' yang berlangsung dari 1984-1995.

Komikus Jepang yang pernah menerima penghargaan ini adalah Osamu Tezuka (2002), Kazuo Koike (2004), Goseki Kojima (2004), Katsuhiro Otomo (2012), dan Rumiko Takahashi (2018).

(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT