DetikHot

art

Demi Karya Seni Gunung Berapi, Kanye West Sumbangkan Rp 142 M

Kamis, 17 Jan 2019 12:52 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Demi Karya Seni Gunung Berapi, Kanye West Sumbangkan Rp 142 M Demi Karya Seni Gunung Berapi, Kanye West Sumbangkan Rp 142 M Foto: Oliver Contreras - Pool/Getty Images
Jakarta - Kanye West jadi salah satu musisi dunia yang mendukung karya seni. Baru-baru ini, ia dikabarkan menyumbangkan penghasilannya sebesar Rp 142 miliar untuk proyek Yayasan Seni Turrell.

Yayasan yang didirikan seniman AS James Turrel itu untuk membantu proyek 'Kawah Roden'. Dia membuat karya seni instalasi gunung berapi yang sudah punah di Arizona Utara. Selama empat dekade, ia telah membuat instalasi tersebut.

Di akun Twitter pribadinya, Kanye West pernah berkicau tentang karya seni instalasi tersebut dan mengaku terpukau. Bahkan ia merasakan pengalaman yang mengubah hidup.



"Suatu hari nanti kita semua akan hidup di ruang Turrel," kicau Kanye West, seperti dikutip detikHOT.
Demi Karya Seni Gunung Berapi, Kanye West Sumbangkan Rp 142 MDemi Karya Seni Gunung Berapi, Kanye West Sumbangkan Rp 142 M Foto: Istimewa

Sejak 1977, Turrel membuat ruang observatorium udara terbuka dan menciptakan terowongan yang mengarah ke ruang besar seperti kuil. Ruang itu diubah sang seniman layaknya gunung berapi.

Yayasan Seni Turrell sampai saat ini telah mengumpulkan dana US$ 40 juta, harapannya 5 tahun lagi karyanya akan dibuka menjadi museum. Setelah kunjungan Kanye West, beberapa hari kemudian timnya kembali ke sana dan menyumbangkan sebesar Rp 142 miliar.

Sebelumnya, Kanye West pun diketahui kerap membeli karya-karya dari seniman kontemporer Takashi Murakami dan Vanessa Beecroft.


(tia/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed