Kasus Penjiplakan Mural Monez di Bali Berujung Damai

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 19 Des 2018 15:39 WIB
Kasus Penjiplakan Mural Monez di Bali Berujung Damai Foto: Monez/ Instagram
Jakarta - Kasus penjiplakan terhadap mural yang dibuat ilustrator Ida Bagus Ratu Antoni Putra atau akrab disapa Monez berujung damai. Kedua belah pihak yang berseteru sepakat untuk menyelesaikan baik-baik.

"Kami sudah menyelesaikannya secara kekeluargaan," ujar Ami dari perwakilan Monez kepada detikHOT.

Dari hasil pembicaraan kedua belah pihak, disebutkan pihak Kin Seminyak mengklarifikasi dan meminta maaf atas ketelorannya.

"Dari pihak kami dimana meminta Mural Syndicate untuk membuatkan mural di restoran dengan memberikan desain mural dari Folie Kitchen sebagai salah satu referensi. Dimana tanpa menginformasikan dengan spesifik untuk tidak membuat mural yang sama persis dan tanpa mengecek kembali hasil yang sudah jadi," tulis pihak Kin Seminyak dalam lembaran surat pernyataan dan permohonan maaf kepada pihak Monez, seperti dilihat detikHOT.



Saat ini pihaknya menghapus mural dan semua foto yang menampilkan mural dalam media sosial. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Folie Kitchen dan Monez karena telah dapat bekerja sama dalam menangani kasus ini dengan profesional," katanya.

Sebelumnya kasus ini mencuat ketika Monez mengupload di akun Instagram yang kemudian di-repost oleh Jerinx SID di stories Instagram.

"Karya saya untuk @foliebali dijiplak @kinseminyak , saya posting komentar namun kemudian akun saya di blok dan komentar teman-teman tentang karya ini dihapus. Sangat amat disayangkan, malu-maluin banget @kinseminyak . Ada yang pernah mengalami hal serupa, bagaimana menurut kalian cara penyelesaian yang tepat? #plagiarism #stolendesign #stolenart #shameonyou #copyright #fake," tulis @monez_ di akun Instagram seperti dikutip detikHOT.


(tia/ken)