detikHot

art

Mural Karya Ilustrator Monez Diduga Dijiplak di Bali

Jumat, 14 Des 2018 15:06 WIB Tia Agnes - detikHot
Mural Karya Ilustrator Monez Dijiplak di Bali Foto: Monez/ Instagram Mural Karya Ilustrator Monez Dijiplak di Bali Foto: Monez/ Instagram
Jakarta - Kasus penjiplakan karya seni diduga kembali terjadi. Kali ini mural karya ilustrator Ida Bagus Ratu Antoni Putra atau yang akrab disapa Monez diduga dijiplak oleh dua restoran yang ada di Bali.

Mural Monez yang menggambarkan bunga-bunga itu dibuatnya khusus untuk Folie Kitchen Bali. Karya yang sempat hits di media sosial itu baru-baru ini diketahui telah dijiplak.

"Karya saya untuk @foliebali dijiplak @kinseminyak , saya posting komentar namun kemudian akun saya di blok dan komentar teman-teman tentang karya ini dihapus. Sangat amat disayangkan, malu-maluin banget @kinseminyak . Ada yang pernah mengalami hal serupa, bagaimana menurut kalian cara penyelesaian yang tepat? #plagiarism #stolendesign #stolenart #shameonyou #copyright #fake," tulis @monez_ di akun Instagram seperti dikutip detikHOT.



Status Mones pun sempat direpost Jerinx SID di Stories Instagram. "Karya @monez_ untuk @foliebali dijiplak @kinseminyak. Kami komen namun kemudian akun @monez_ diblok," tulis Jerinx.

Menurut penuturan manajer Monez, Ami, awalnya pihak Monez mendapatkan informasi dari kawan-kawannya.

"Suatu hari saya dapat info dari teman ada satu akun mural yang memuat artwork Monez persis seperti di Folie Bali. Lokasinya ada di dua tempat resto," ujar Ami ketika dihubungi detikHOT.

Pihak Monez pun meminta kejelasan mengenai karya yang diduga dijiplak tersebut. Sampai akhirnya kasus ini diblow up oleh Monez di akun Instagramnya tersebut.



"Kami akan minta pihak tersebut klarifikasi, siapa yang bertanggung jawab. Ide dari siapa untuk menjiplak, dari owner atau artisan," jelas Ami.

"Kemudian kami akan minta artwork tsb dihapus dan meminta maaf kepada kami, pencipta dan Folie Bali pemilik artwork," pungkasnya.

Monez yang merupakan ilustrator asal Tabanan Bali dikenal mendunia. Dia pernah menggelar pameran kolektif di Singapura, Malaysia sampai ke Amerika Serikat. Ilustrasinya kerap menggabungkan antara dunia fabel dan monster.


[Gambas:Instagram]


(tia/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com