detikHot

art

Teater Garasi Pentaskan 'Gong ex Machina' di Jakarta

Kamis, 29 Nov 2018 09:10 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Dok. teater garasi/ erwin octavianto Foto: Dok. teater garasi/ erwin octavianto
Jakarta -

Teater Garasi bakal mementaskan pertunjukan teater-bunyi hasil produksi bersama The Kingdom of Archipelago pada 29-30 November 2018 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Pentas berjudul 'Gong ex Machina' fokus pada persoalan bunyi.

Tak hanya bunyi, Teater Garasi juga menghadirkan gerak, imaji, narasi, dan makna secara bersamaan. Judul 'Gong ex Machina' diambil Teater Garasi dari permainan kata yang merujuk pada istilah teknis teater Yunani Tua di abad 5 SM.

Dari istilah tersebut, di atas panggung menghadirkan aktor yang berperan sebagai dewa yang ditarik dari atas ke bawah atau muncul dari bawah ke atas lantai panggung.

"Dari makna itu, 'Gong ex Machina' bisa bermakna gong yang berada di dalam atau hadir melalui mesin," ujar sutradara sekaligus kolaborator dalam pertunjukan, Yudi Ahmad Tajudin.


Yudi kembali menuturkan 'Gong ex Machina' berbeda ketimbang pertunjukan sebelumnya. "Pentas ini agak berbeda dari pertunjukan naskah lakon lainnya. Karena penekanan dan pengembangan kehadiran bebunyianlah yang menjadi pijakan," ujar Yudi.

Di pertunjukan ini Yudi akan menjadi kolaborator, bersama juga komposer asal Jepang, Yosuhiro Morinaga. Selama ini dia telah meneliti kebudayaan gong yang ada di negara-negara Asia Tenggara.



"Instrumen gong berfungsi sebagai medium komunikasi dengan entitas supra-natural. Kadang gong juga bisa dimaknai sebagai dewa di dalam atau melalui gong," ujar Morinaga.

Selain fokus pada bunyi, pementasan ini juga dikemas dengan sistem tata suara 3D-immersive. 'Gong ex Machina juga menggaet penata suara asal Jepang, Tetsushi Hirai.

Selain itu, Teater Garasi juga melibatkan seniman lintas disiplin lainnya. Di antaranya adalah Mian Tiara, Gunawan Maryanto, Dwi Windarti, Wulang Sunu, Ignatius Sugiarto, MN Qomaruddin, dan Arsita Iswardhani.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com