DetikHot

art

22 Grup Teater Kudus Ikuti Festival Teater Pelajar 2018

Minggu, 18 Nov 2018 14:25 WIB  ·   Akrom Hazami - detikHOT
22 Grup Teater Kudus Ikuti Festival Teater Pelajar 2018 22 Grup Teater Kudus Ikuti Festival Teater Pelajar 2018 Foto: Image Dynamics
Kudus - Festival Teater Pelajar (FTP) kembali diadakan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Sebanyak 22 grup teater ambil bagian dalam event ini.

FTP diikuti oleh 22 kelompok teater pelajar se-Kabupaten Kudus, terdiri dari 10 teater pelajar tingkat SMP dan 12 teater pelajar tingkat SMA yang telah melalui babak penyisihan pada 15 - 19 Oktober 2018.

Tim juri seleksi teater pelajar tingkat SMP/MTs/Sederajat, antara lain: Teresa Rudiyanto (Teater Djarum) dan Nur Sam (praktisi teater dari Pati) yang akhirnya memutuskan empat kelompok yang maju ke final, yakni: Teater NSA SMP 3 Gebog, Teater Bobot SMP 1 Kudus, Teater Espero SMP 2 Kudus dan Teater Ukur MTs NU Maslakul Falah.



Untuk tingkat pelajar SMA, juri yang terdiri dari Andreas Teguh Prayoga (Teater Djarum) dan Yogi Swara Manitis Aji (praktisi teater dari Solo) memutuskan empat finalis, yakni: Teater Jangkar Bumi MA Qudsiyyah, Teater Patas SMA 1 Bae, Teater Apotek SMK Farmasi Duta Karya, dan Teater Ramarsaku SMK Raden Umar Said.

Oey Riwayat Slamet, Koordinator Teater Djarum mengatakan, latihan dan bermain peran dalam dunia teater bagi para pelajar, merupakan kegiatan efektif dan positif guna membekali generasi muda bangsa yang lebih cerdas, penuh tanggungjawab dan setia kawan yang tinggi.
22 Grup Teater Kudus Ikuti Festival Teater Pelajar 201822 Grup Teater Kudus Ikuti Festival Teater Pelajar 2018 Foto: Image Dynamics

"Mereka yang berteater di sekolah tidak ada keharusan untuk kemudian menjadi pemain teater profesional. Akan tetapi bahwa pengalaman mereka berteater, akan membantu mereka menjadi pribadi-pribadi yang tangguh, bertanggung jawab dan melakukan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai pekerjaan dan profesinya masing-masing nantinya. Teater memiliki peran penting di dalam pembangunan mental, karakter dan potensi positif para pelajar meraih cita-citanya," ungkap Oey.



FTP diselenggarakan oleh Teater Djarum bersama Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus, serta didukung sepenuhnya oleh Bakti Budaya Djarum Foundation kembali digelar untuk ke-11 kalinya. Puncak acara yang merupakan agenda tahunan ini diselenggarakan pada 15-17 November 2018 di GOR Djarum Kaliputu, Kudus, Jawa Tengah dengan menampilkan karya para seluruh peserta FTP yang berhasil masuk ke babak final.

Menurutnya, FTP merupakan program rutin tahunan Teater Djarum dengan melibatkan siswa-siswi tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Kudus yang berisi lomba karya seni teater antar komunitas teater yang ada di sekolah-sekolah menengah se-Kudus, baik tingkat SMP maupun SMA. FTP Kabupaten Kudus akan memperebutkan gelar-gelar bergengsi, antara lain: Teater Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor dan Aktris Utama Terbaik, dan Aktor dan Aktris Pendukung Terbaik. Untuk tahun ini ada penambahan gelar baru, yakni untuk Penata Set Panggung dan Lampu Terbaik, Penata Rias dan Busana Terbaik dan Penata Musik Terbaik.
(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed