DetikHot

art

Naskah Teater 'Bunga Penutup Abad' Digarap Satu Tahun

Sabtu, 17 Nov 2018 08:40 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Naskah Teater Bunga Penutup Abad Digarap Satu Tahun Naskah 'Bunga Penutup Abad' Digarap Satu Tahun Foto: Image Dynamics
Jakarta - Pementasan teater 'Bunga Penutup Abad' merupakan adaptasi dari novel tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer. Naskahnya diambil dari novel 'Bumi Manusia' dan 'Anak Semua Bangsa'.

Dari semua cerita yang ada di dalam novel tersebut, yang dipilih untuk dipentaskan adalah kisah mengenai keluarga Nyai Ontosoroh (Marsha Timothy), terpisahnya Minke (Reza Rahadian) dan Annalies (Chelsea Islan) karena ketidakadilan dan ketimpangan hukum yang terjadi selama masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Happy Salma selaku produser menuturkan durasi dari pementasan tersebut tidak akan memadai bila harus mengisahkan semua yang ada di dalam novel. Pihak penyelenggara harus memilih bagian-bagian dalam novel yang kemudian diinterpretasi menjadi adegan dari pementasan tersebut.



"Karena ceritanya itu kan kaya sekali ya, jadi kita harus mengambil benang merahnya dalam dua jam setengah. Biar menceritakannya nggak kemana-mana. Setiap kisah penokohannya sangat kuat. Jadi ambil benang merahnya kisah cinta, di balik kisah cinta itu banyak ketidakadilan, ada juga keserakahan, dan lain sebagainya," jelasnya saat ditemui di Teater Jakarta, kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat usai media preview, Jumat (16/11) malam.

Happy mengatakan timnya membutuhkan waktu satu tahun untuk menyeleksi bagian mana yang akan ia bawa dalam pentas.

Naskah 'Bunga Penutup Abad' Digarap Satu Tahun Naskah 'Bunga Penutup Abad' Digarap Satu Tahun Foto: Image Dynamics


"Gimana caranya menemukan benang merah, bikin naskah ini aja satu tahun. Kami mengumpulkan sample beberapa orang Pram-ist, tidak pernah baca Pram, dan pembaca biasa saja yang nggak ngefans-ngefans banget. Nah dari situ kita bacakan naskahnya, yang satu ngerti, yang satu nggak. Diulang-ulang sampai akhirnya kita menemukan satu pattern, ini yang bisa kena ke semua lini," urai Happy.



'Bunga Penutup Abad' merupakan pementasan teater yang disutradarai oleh Wawan Sofwan. Reza Rahadian, Marsha Timothy, Chelsea Islan, Lukman Sardi, dan Sabia Arifin menjadi pemain dalam pertunjukan tersebut.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui suasana pementasan teater 'Bunga Penutup Abad' di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Pentas tersebut diadakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 17 dan 18 November 2018 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Sebelumnya, 'Bunga Penutup Abad' sudah pernah dipentaskan dua kali, yakni pada Agustus 2016 di Jakarta dan Maret 2017 di Bandung.


(srs/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed