DetikHot

art

Mengintip Prosesi Latihan Pertunjukan Teater 'Bunga Penutup Abad'

Selasa, 13 Nov 2018 20:48 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Mengintip Prosesi Latihan Pertunjukan Teater Bunga Penutup Abad Foto: Bunga Penutup Abad / Tia Agnes
Jakarta - Pertunjukan teater 'Bunga Penutup Abad' bakal dipentaskan tiga hari lagi. Pentas yang diadaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer itu diselenggarakan yang ketiga kalinya setelah sukses ditonton ribuan orang pada 2016 lalu.

Sebelum dipentaskan di Teater Jakarta pada 17-18 Oktober, detikHOT berkesempatan menonton prosesi latihan mereka. Selama 2 jam lamanya, para pemain beradu akting dan berlatih di Gedung Nyi Ageng Serang, kawasan Rasuna Said, Jakarta.

Ada Marsha Timothy yang menggantikan Happy Salma menjadi Nyai Ontosoroh. Reza Rahadian sebagai sosok pribumi yang terpelajar bernama Minke. Lukman Sardi menjadi pelukis yang berkaki pincang, Chelsea Islan melakoni Annelies, putri dari Nyai Ontosoroh sekaligus pujaan hati Minke. Serta aktris cilik Sabia Arifin menjadi May Marais.



Meski tak berpakaian kostum lengkap untuk pementasan, namun Marsha Timothy mengenakan kain batik lengkap dengan kebaya khas Jawa. Serta Reza yang memakai blankon dan kain Jawa. Para pemain lainnya pun sudah lengkap dengan properti demi mendukung perannya.

"Hari ini sudah H-3 dan latihan sudah 80 persen persiapan kami. Jadi sudah semakin menegangkan yah," ujar produser 'Bunga Penutup Abad' Happy Salma ditemui di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta, Selasa (13/11).

'Bunga Penutup Abad' adalah pementasan teater yang diadaptasi dari novel 'Bumi Manusia' dan 'Anak Semua Bangsa'. Mengisahkan tentang kehidupan Nyai Ontosoroh dan Minke setelah kepergian Annelies ke Belanda.

Lakon dibuka dengan surat yang diterima Minke dari Annelies. Hati Minke dan Nyai Ontosoroh tersayat dengan kepergiaan Annelies. Nyai Ontosoroh khawatir dengan keberadaan Annelies dan mengutus seorang pegawainya yang bernama Robert Jan Dapperste atau Panji Darman untuk mengikutinya.


Tonton video: Kerja Keras Marsha Timothy Perankan Nyai Ontosoroh

[Gambas:Video 20detik]



Surat demi surat membuka sebuah pintu nostalgia dari berbagai kota tempat singgahnya kapal yang ditumpangi mereka. Marsha Timothy yang menjadi Nyai Ontosoroh mengungkapkan latihan kali ini adalah yang pertama kalinya barengan sama pemain musik.

"Aku memang duluan latihan dari bulan Juli, tapi yang lain ada yang dari bulan Agustus. Selama dua minggu ini juga intens latihan juga," ujar Marsha bersemangat.

"Aku latihan dari Agustus. Kita intens berdua baru Mas Lukman dan Reza," pungkasnya.

Pertunjukan teater 'Bunga Penutup Abad' akan berlangsung pada 17-18 November 2018 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.
(tia/kmb)

Photo Gallery
1 1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed