DetikHot

art

5 Seniman Jalanan Dunia yang Wajib Diketahui

Senin, 12 Nov 2018 20:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
5 Seniman Jalanan Dunia yang Wajib Diketahui Foto: Shepard Fairey (Getty Images)
Jakarta - Street art memiliki daya tarik sendiri bagi para pecinta seni. Ada banyak seniman jalanan dengan beragam ciri khas yang mewarnai skena street art dunia. Siapa sajakah mereka?

Berikut 5 seniman jalanan dunia yang wajib diketahui, seperti dirangkum detikHOT:

1. Banksy

Karya Seni Banksy.Karya Seni Banksy. Foto: BBC

Seniman jalanan asal Inggris ini menempati posisi pertama dalam skena seni urban. Reputasinya yang sudah melegenda itu pernah terangkum dalam film yang berjudul 'Exit Thorugh the Gift SHop'.

Identitasnya tidak diketahui dan tak pernah bisa terdeteksi oleh media massa. Karya fenomenalnya tentang kamp pengungsi di Calais pun menyedot perhatian publik.


2. Vhils

Alexandre Farta aka Vhils dikenal sebagai seniman jalanan asal Portugis. Ia kerap menorehkan karya-karya fantastis berskala besar di tembok. Di tahun 2014, ia adalah salah satu dari 11 seniman yang diundang band UQ untuk membuat musik video bersama di album mereka 'Films of Innocence'.


3. Shamsia Hassani

Shamsia Hassani.Shamsia Hassani. Foto: Shamsia Hassani

Nama Shamsia Hassani mencuat beberapa tahun belakangan. Ia dikenal sebagai perempuan muslim pertama yang aktif menjadi seorang seniman grafiti. Bahkan dirinya juga disebut sebagai 'Bansky'-nya asal Afghanistan.

Ia juga dikenal mengkampanyekan perdamaian lewat mural dan menentang perang yang terjadi di negaranya.


4. Seth GlobePainter

Karya Seni Seth GlobePainter.Karya Seni Seth GlobePainter. Foto: Tia Agnes/ detikHOT

Sejak 2003, seniman Seth GlobePainter kerap berkeliling dunia untuk menggambar mural. Karyanya pun pernah ada di Yogyakarta khususnya Gunung Merapi yang dibuatnya pada Juni 2011 lalu. Ada 6 mural yang dibuatnya di Yogyakarta.


5. Shepard Fairey

Shepard Fairey.Shepard Fairey. Foto: Getty Images

Sebelum pemilihan umum Presiden Amerika pada 2008 silam, nama Frank Shepard Fairey dikenal sebatas seorang desainer grafis serta ilustrastor. Dia adalah sosok di balik brand fenomenal bernama OBEY yang kerap mengangkat isu propaganda politik.

Karya-karyanya menghantui skena seni jalanan AS dan kerap memancing orang untuk berpikir ulang arti dari gambar-gambar yang ada di stiker. Di tahun 2008, ia membuat poster bertuliskan 'HOPE' dengan wajah dari Barack Obama bertebaran.


(tia/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed