DetikHot

art

Sambut Hari Pahlawan, Lukisan Tokoh Asal Purworejo Dipamerkan

Jumat, 09 Nov 2018 15:26 WIB  ·   Rinto Heksantoro - detikHOT
Sambut Hari Pahlawan, Lukisan Tokoh Asal Purworejo Dipamerkan Sambut Hari Pahlawan, Lukisan Tokoh Asal Purworejo Dipamerkan Foto: Rinto Heksantoro/ detikHOT
Purworejo - Menyambut Hari Pahlawan Nasional, Pemkab Purworejo bekerjasama dengan alumni SMA N 1 Purworejo yang tergabung dalam Paguyuban Muda Ganesha menggelar pameran lukisan pahlawan, pejuang, dan tokoh penting asal Purworejo. Salah satu lukisan yang menjadi perhatian warga adalah lukisan Kasman Singodimedjo yang baru saja ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pameran digelar di Pendopo Kabupaten selama 3 hari terhitung sejak Jumat (9/11/2018) hari ini hingga Minggu (11/11/2018). Puluhan lukisan wajah para pahlawan, pejuang dan tokoh penting asal Purworejo pun terpampang rapi.

Wajah-wajah pahlawan dan tokoh penting itu dilukis dengan cat air diatas kanvas berukuran 80 cm x 100 cm. Pigura berwarna keemasan yang membingkai menambah sosok semakin berwibawa.



Semua lukisan merupakan karya tunggal salah satu seniman Purworejo yakni Prapto Efendi. Salah satu lukisan yang menjadi perhatian warga adalah lukisan Kasman Singodimedjo yang baru saja ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Ya, semua wajah-wajah pahlawan dan tokoh penting dari Purworejo, ada Jendral Sarwo Edhie Wibowo, Jendral Urip Sumoharjo, WR Supratman, Jendral Ahmad Yani dan lain-lain. Salah satu yang menarik dan menjadi perhatian warga adalah Mr. Kasman Singodimedjo yang baru ditetapkan menjadi pahlawan nasional," ucap Prapto Efendi ketika ditemui detikcom di pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat (9/11/2018).

Sambut Hari Pahlawan, Lukisan Tokoh Asal Purworejo  DipamerkanSambut Hari Pahlawan, Lukisan Tokoh Asal Purworejo Dipamerkan Foto: Rinto Heksantoro/ detikHOT


Untuk menggarap semua lukisan tersebut, Prapto mengaku membutuhkan waktu sekitar 6 bulan. Selain untuk memperingati Hari Pahlawan, pameran tersebut juga bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat bahwa Purworejo merupakan kota para pejuang.

"Secara historis memang kenyataannya seperti itu, jadi biar masyarakat juga tahu. Rencananya ke depan juga Purworejo diwacanakan untuk ditetapkan sebagai kota pejuang. Diharapkan masyarakat terutama para kawula muda bisa meneruskan perjuangan sehingga nama Purworejo semakin terangkat," lanjutnya.



Sementara itu, Sekda Kabupaten Purworejo, Said Romadhon mengatakan bahwa Kasman Singodimedjo telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden RI Joko Widodo. Hal tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga Purworejo dalam menyambut hari pahlawan nasional yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Sambut Hari Pahlawan, Lukisan Tokoh Asal Purworejo  DipamerkanSambut Hari Pahlawan, Lukisan Tokoh Asal Purworejo Dipamerkan Foto: Rinto Heksantoro/ detikHOT


"Kasman Singodimedjo asli kelahiran Purworejo tanggal 25 Februari 1904. Beliau merupakan tokoh penting dan salah satu jasanya adalah menjadi Ketua KNIP yang menjadi cikal bakal dari DPR. Peringatan hari pahlawan tahun ini menjadi spesial bagi warga masyarakat Purworejo karena beliau telah ditetapkan menjadi pahlawan nasional oleh pak Presiden. Hari ini pak Bupati ke Jakarta untuk menyaksikan penganugerahan tersebut," katanya.

Salah satu pengunjung Ratna Nur Aini (19) mengaku senang dengan adanya pameran tersebut karena menambah pengetahuan. Tak hanya itu, ia bersama teman-temannya juga berfoto selfie di depan lukisan.

"Bagus lukisannya, banyak tokoh yang sebelumnya saya tidak tahu sekarang jadi tahu ternyata banyak pahlawan dan tokoh penting dari Purworejo. Ada pahlawan revolusi, dokter pertama di Jawa dan lain-lain," tutur Ratna.



(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed