detikHot

art

Bawakan Kisah Kerajaan, Pentas 'Genta Sriwijaya' Digelar 20 November

Kamis, 08 Nov 2018 16:01 WIB Veynindia Esaloni Pardede - detikHot
Bawakan Kisah Kerajaan, Pentas 'Genta Sriwijaya' Digelar 20 November Foto: Veynindia Pardede/ detikHOT
Jakarta - Teater yang mengemas cerita sejarah kembali diselenggarakan. Pertunjukan 'Genta Sriwijaya' adalah pagelaran dengan cerita sejarah yang dikemas secara modern.

Teater ini menggabungkan seni tari, musik, teater, dan komedi dalam tata panggung dan cahaya. Serta permainan multimedia tentang cerita sejarah Indonesia.

"Pagelaran drama tari 'Genta Sriwijaya' berlangsung tanggal 20 November. Jadi ini bisa dibilang sebuah pertunjukan sejarah dari budaya Indonesia. Kita ingin buat suatu yang kolosal, memang sifatnya dilakukan di gedung teater," ujar Denny Malik sebagai pengarah seni saat jumpa pers di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (8/11).



Pagelaran yang diadakan oleh Sekar Ayu Jiwanta Foundation ini bercerita tentang Sriwijaya yang pada saat itu dipimpin oleh Maharaja Dapunta Hyang Sri Jayanasa. Ia berkuasa selama kurun waktu 671 Masehi hingga 702 Masehi.

Untuk mewujudkan cita-citanya agar Sriwijaya menjadi sebuah kerajaan yang besar, maka Maharaja Dapunta Hyang melakukan perjalanan suci untuk menaklukan banyak wilayah.

Kisah ini sampai pada perjalanan sejarah yang dibuat oleh Kerajaan Sriwijaya menjadi sebuah kedatuan yang besar secara wilayah.

"Saya bergabung karena dulu pernah kerjasama juga sama Sekar Ayu Foundation tapi untuk buat pagelaran wayang orang," tutur Kenthus Ampiranto selaku sutradara.


Tonton video: Drama Tari ''Genta Sriwijaya'' Siap Digelar, Bambang Pamungkas Ikut Main

[Gambas:Video 20detik]



"Tantangannya ini sangat luar biasa sekali. Seni tradisional dan cerita sejarah, tapi harus visualnya kelihatan modern. Jadi setiap adegan dibuat seperti itu dan sangat menarik sekali. Ini menceritakan tentang sejarah dan kerajaan, tapi dikemas dengan sangat modern sekali," lanjut Kenthus.

Pentas bakal berlangsung di Teater Besar Jakarta, kompleks Taman Ismail Marzuki pada 20 November 2018. Serta diramaikan oleh deretan artis dan seniman ternama seperti Andrea Miranda, Daniel Christianto, Ruth Sahanaya, Ivy Batuta, Inaya Wahid, Yenny Wahid, Bambang Pamungkas, Cathy Sharon, Ncess Nabati, Sogi Indra, dan Deasy Novianty.


(vep/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com