detikHot

art

'Indonesian Beauty' Ungkap Keindahan Kain dalam Bentuk Fotografi

Jumat, 02 Nov 2018 12:22 WIB Tia Agnes - detikHot
Indonesian Beauty Ungkap Keindahan Kain dalam Bentuk Fotografi Foto: istimewa/ eki dance company 'Indonesian Beauty' Ungkap Keindahan Kain dalam Bentuk Fotografi Foto: istimewa/ eki dance company
Jakarta - Pameran fotografi 'Indonesian Beauty' dibuka pada 1 November di Galeri Indonesia Kaya (GIK). Pameran yang mengeksploprasi keindahan kain tradisional merupakan karya kolaborasi 3 pelaku kreatif.

Mereka adalah fotografer Martha Suherman, koreografer Rusdy Rukmarata, dan desainer Didiet Maulana. Serta puluhan penari dari EKI Dance Company yang terlibat dalam project kali ini.

"Ini adalah project sosial yang mengangkat keindahan Indonesia dari segi gerak dan kekayaan kain menggunakan teknik tertentu sehingga tampak bergerak atau yang disebut dengan motion fotografi," ujar Martha Suherman dalam keterangan pers yang diterima detikHOT.



Para penari yang mengenakan kain karya desainer diberikan cahaya, lalu bergerak sesuai arahan koreografer. "Tugas fotografi adalah merekam cahaya yang memantul dari semua proses, bagai coretan dalam lukisan," lanjut Martha.

'Indonesian Beauty' Ungkap Keindahan Kain dalam Bentuk Fotografi'Indonesian Beauty' Ungkap Keindahan Kain dalam Bentuk Fotografi Foto: istimewa/ eki dance company


Koreografer Rusdy Rukmarata menyatakan kolaborasi kali ini berbeda dengan sebelumnya. Biasanya ketika koreografer bekerja sama dengan fotografer posisi model adalah pasif.

"Kali ini desainer, koreografer, dan fotografer adalah rekan kolaboratif yang sejak awal telah berdiskusi, merencanakan, merancang, dan tercipta karya bersama," ujar Rusdy.

Keindahan Indonesia yang dihadirkan lewat pameran ini tak hanya bisa disebut sebagai karya fotografi maupun desain semata. "Etnisitas yang terlihat juga tidak bisa disebut sebagai etnik Bali, Madura atau Papua. Tapi semua itu terangkum dalam satu kata adalah keindahan Indonesia," pungkasnya.

Pameran 'Indonesian Beauty' berlangsung pada 1-18 November di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Grand Indonesia lantai 8.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com