detikHot

art

Bikin Bangga! 4 Webtoon Indonesia Ini Mendunia

Rabu, 24 Okt 2018 18:10 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Web cartoon atau webtoon menjadi perkembangan komik digital yang menjamur di Indonesia sejak empat tahun belakangan. Komik karya anak bangsa pun banyak yang terbit di webtoon dan diapresiasi sampai ke mancanegara.

Siapa sajakah komikus lokal yang karyanya mendunia lewat platform Webtoon. Berikut di antaranya:

1. Eggnoid

Cerita tentang siswi SMA bernama Ran yang terkejut menemukan ada sosok pria keluar dari cangkang berbentuk telur Eggy membuat pembaca Indonesia kepenciut. Komik 'Eggnoid' jadi satu-satunya karya anak bangsa yang terbit di webtoon versi Inggris.

Di webtoon Inggris, komiknya terbit sejak 11 November 2017 dan mendapatkan sambutan hangat dari pembaca komik. Komik karya Archie the Red Cat ini juga terbit di Thailand, Taiwan, China, dan dua negara lainnya

2. My Pre-Wedding

Komik bergenre romance ini mengisahkan tentang Adimas yang tiba-tiba melamar Adelia. Karya Annisa Nisfihani ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis sampai Korea Selatan.

Sukses dengan season pertama dari 'My Pre-Wedding', penulis asal Tenggarong pun menerbitkan webtoon lainnya dengan nama 'Pasutri Gaje'.

3. Flawless

Komik bergenre romance ini mengisahkan tentang Sarah si cewek tangguh yang tak sengaja bertemu dengan pemuda penyandang tuna netra bernama Elios. Sifat Elios yang misterius, membuat Sarah penasaran. Komik karya Shinshinhye ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis dan Inggris.

4. Tahilalats

Siapa sih yang tak mengenal komik 'Tahilalats' karya Nurfadli Mursyid. Komik yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan bergenre komedi pun minim dialog tapi sebagian besar berkomentar komiknya 'lucu'.
(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com