DetikHot

art

Malfungsi, Lukisan Rp 20 M Banksy Seharusnya Hancur Semua

Kamis, 18 Okt 2018 10:20 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Malfungsi, Lukisan Rp 20 M Banksy Seharusnya Hancur Semua Malfungsi, Lukisan Rp 20 M Banksy Seharusnya Hancur Semua Foto: Getty Images
Jakarta - Lukisan 'Love is in the Bin' Banksy yang terjual Rp 20 miliar seharusnya hancur semuanya. Seniman asal Baristol, Inggris, itu memposting sebuah video di situs resmi dan mempublikasikan pada publik.

Selama ini, lukisan yang tadinya berjudul 'Girl with Balloon' itu memang direncanakan untuk hancur setelah ketok palu. Dalam video berdurasi 2 menit 57 detik diperlihatkan Banksy yang mengenakan jaket hoodie berwarna hitam tengah mempersiapkan lukisan tersebut di studionya.

Adegan kemudian berubah ke suasana balai lelang Sotheby London dua pekan lalu yang dipenuhi oleh kolektor dan pecinta seni. Saat proses penawaran ke harga tertinggi, Banksy tampak melihat kondisi tersebut.


Malfungsi, Lukisan Rp 20 M Banksy Seharusnya Hancur SemuaMalfungsi, Lukisan Rp 20 M Banksy Seharusnya Hancur Semua Foto: Getty Images


Usai ketok palu, dalam video diperlihatkan ada seseorang yang memencet tombol. Kertas di dalam pigura pun turun dan hancur setengah, sayangnya Banksy menyatakan seharusnya lukisan itu hancur semua.

"Dalam rehearsel semuanya berjalan baik-baik saja," tulis Banksy disertai video lukisan yang hancur.

Usai karyanya terjual dan menjadi salah satu karya termahal Banksy yang pernah dijual di balai lelang, banyak yang berspekulasi mengenai tujuan Banksy. Sebagian besar menganggap Banksy ingin kanvasnya tetap utuh, ada juga yang berkomentar ia menginginkan nilai lukisannya naik harga.

Dalam akun Instagram @banksy, ia mengatakan, "Beberapa orang berpikir itu sengaja tidak sepenuhnya hancur. Sebagian orang lagi berpikir balai lelang bekerja sama dengan ide saya, tapi mereka (Sotheby) tidak," tulis Banksy.



[Gambas:Instagram]





Tonton juga 'Mural Brexit Karya Banksy Viral di Sosial Media':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed