5 Seniman Perempuan yang Mendunia, Karyanya Bernilai Ratusan Miliar

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 13 Okt 2018 15:21 WIB
Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Seniman perempuan menempati tonggak penting dalam dunia seni rupa. Nama-nama besar di bawah yang turut mempengaruhi perkembangan seni dan seniman-seniman muda di penjuru dunia. Siapa sajakah mereka?

Berikut 5 seniman perempuan yang sudah mendunia, seperti dirangkum detikHOT:

1. Frida Kahlo

5 Seniman Perempuan yang Mendunia, Karyanya Bernilai Ratusan MiliarFoto: Reuters

Siapa yang tak terkenal dengan Frida Kahlo? Seniman asal Meksiko yang lahir di Coyoacán, dan paling dikenal karena potret dirinya. Seniman yang meninggal pada 13 Juli 1954 itu terkenal dengan penampilan nyentriknya.

Di berbagai foto yang ada di banyak katalog, ia kerap mengenakan hiasan bunga dan tumbuhan di bagian kepala dan memakai pakaian warna-warni. Ia menikah dengan Diego Rivera yang juga sesama seniman. Awal 1980-an, ketika gaya artistik di Meksiko Coyoacán, dan paling dikenal karena potret dirinya.

Di 2006, lukisan Kahlo tahun 1943 berjudul 'Roots' meraih rekor lelang sebesar US$ 5,6 juta untuk sebuah karya Amerika Latin. Karyanya pun mempengaruhi seniman-seniman muda.

2. Yayoi Kusama

5 Seniman Perempuan yang Mendunia, Karyanya Bernilai Ratusan MiliarFoto: Huffington Post

Nama Yayoi Kusama telah melegenda. Ia dikenal sebagai seniman kontemporer Jepang yang dikenal dengan motif polkadot berwarna terang. Di tahun 1962, Yayoi Kusama menjadi satu-satunya seniman perempuan yang terlibat dalam pameran kelompok internasional 'Nul' di Stedelijk Museum, Amsterdam.

Karyanya pernah mengagetkan pasar seni Venice Biennale dan mendapatkan perhatian dunia. Salah satu karyanya 'Infinity Mirror' disorot media setelah bekerja sama dengan Hirshhorn Museum and Sculpture Garden agar ruang Infinity Mirror-nya bisa diakses oleh penyandang disabilitas atau mobilitas.

3. Georgia O'Keeffe

5 Seniman Perempuan yang Mendunia, Karyanya Bernilai Ratusan MiliarFoto: BBC

Seniman AS ini meninggal di tahun 1986 silam. Lukisannya yang berjudul 'Jimson Weed' atau 'Bunga Putih' mencapai rekor sebagai lukisan termahal karya seniman wanita yang terjual di balai lelang dengan nilai Rp 531 miliar pada 2014 lalu.

Tadinya lukisan itu diprediksi hanya akan terjual sekitar Rp 181 miliar tapi ada dua penawar yang menawar lebih tinggi. Lukisannya pun banyak mempengaruhi seniman-seniman muda lainnya.

4. Elaine de Kooning

5 Seniman Perempuan yang Mendunia, Karyanya Bernilai Ratusan MiliarFoto: Elaine de Kooning (dok. Instagram)

Elaine de Kooning dikenal sebagai seniman ekspresionis abstrak di era Perang Dunia ke-II. Karya terbarunya terinspirasi oleh lukisan Paleolitik gua Lascaux di Perancis dan Altamira di Spanyol, yang dia rasa sangat dekat dan sebagai bentuk semangat untuk seni abad ke-20.

Di tahun 1943, ia menikahi pelukis Willem de Kooning. Perempuan yang belajar di Leonardo da Vinci Art School ini lukisan-lukisannya sudah melegenda.

5. Yoko Ono

5 Seniman Perempuan yang Mendunia, Karyanya Bernilai Ratusan MiliarFoto: Istimewa

Seniman asal Jepang yang juga janda dari John Lennon ini dikenal memiliki gaya lukisan yang surealis. Yoko Ono diketahui mengilhami musik dan sisi kreatif Lennon selama bertahun-tahun di masa terakhir hidupnya.

Lewat gerakan fluxus di tahun 1960-an, Yoko Ono mempengaruhi seniman muda lainnya sampai di Art Jog 2015 tema tersebut diangkat. Selama hidupnya, Yoko Ono telah bereksperimen dengan berbagai media untuk menyuarakan gagasan dan aspirasi atas apa yang ia rasakan.

Sampai saat ini, karya-karya yang menandai nama Yoko Ono di dunia seni diantaranya Cut Piece (1964), Grapefruit (1964), Cut Tree (1981), serta berbagai album; video; dan puisi. Ia pun turut menginisiasi gerakan-gerakan anti-perang baik melalui seni maupun media lainnya. Sebagai seniman intermedia, ia juga banyak memproduksi karya seni instalasi yang membuat pengunjung dapat berinteraksi dengan karya-karyanya.

(tia/ken)