DetikHot

art

Misteri Identitas Banksy yang Terus Disembunyikan

Jumat, 12 Okt 2018 15:23 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Misteri Identitas Banksy yang Terus Disembunyikan Misteri Identitas Banksy yang Terus Disembunyikan Foto: Alamy/ Guardian
Jakarta - Lukisan 'Girl with Balloon' karya Banksy kini berubah nama menjadi 'Love is in the Bin'. Pembeli karyanya senilai Rp 20 miliar yang merupakan perempuan dari Eropa pun ingin menyimpan lukisan Banksy.

Di balik karya yang menghebohkan dunia seni, identitas Banksy sampai sekarang masih menjadi misteri. Tak ada yang tahu siapa Banksy sebenarnya.

Saat proses lelang berlangsung, ada sebuah rekaman yang menyebutkan ada seorang pria yang tengah merekam dari dan setelah lukisannya terjual. Setelah terjual, pria paruh baya yang mengenakan kacamata hitam itu pun langsung keluar ruangan dan dikawal.



Di tahun 2016, para ilmuwan di Queen Mary's University di London pernah meneliti tentang sosok Banksy. Berdasarkan profil geografis, gerakan seniman, dan ada identifikasi seorang pria bernama Robin Gunningham. Para ilmuwan mengaku studi mereka memiliki bukti.

Misteri Identitas Banksy yang Terus DisembunyikanMisteri Identitas Banksy yang Terus Disembunyikan Foto: BBC


Dilansir dari CNN, Jumat (12/10/2018), pria yang berada di ruangan lelang sama seperti perawakan Robin Gunningham. Ada sudut perawakan yang sama seperti yang terekam dalam CCTV.

Seniman jalanan asal Bristol, Inggris, itu pernah membuat heboh karena mendirikan kios yang menjual karya seninya seharga $60 di New York di tahun 2013. Dia pun diketahui memfilmkan orang-orang yang lewat yang menyatakan adalah karya palsu.

Di tahun 2006, Banksy juga diam-diam mendirikan replika berukuran seumur hidup dari seorang tahanan Guantanamo Bay yang berkerudung di dalam taman rekreasi Disneyland, California.



Saksikan juga video 'Mural Brexit Karya Banksy Viral di Sosial Media':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed