DetikHot

art

Lukisan Banksy Rp 20 M Kini Punya Nama Baru 'Love is in the Bin'

Jumat, 12 Okt 2018 09:45 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Banksy Rp 20 M Kini Punya Nama Baru Love is in the Bin Lukisan Banksy Rp 20 M Kini Punya Nama Baru 'Love is in the Bin' Foto: Sotheby's/PA
Jakarta - Pelelangan lukisan Banksy 'Girl with Balloon' di Balai Lelang Sotheby London pekan lalu menghebohkan dunia seni. Lukisan tersebut memecahkan rekor karya seniman jalanan senilai Rp 20 miliar dan kini karya fenomenal Banksy memiliki nama baru.

Hal tersebut diungkapkan oleh akun resmi @sotheby.

"Karya baru ini telah disertifikasi oleh Badan Otentikasi Banksy, Pest Control, dan telah diberi judul baru 'Love is in the Bin'," tulis Sotheby dalam keterangannya seperti dilansir detikHOT, Jumat (12/10/2018).



Keputusan tersebut diungkapkan Sotheby's telah dikonfirmasi oleh kolektor yang membeli. Penawar tertinhttps://www.instagram.com/p/BozPjXSgveX/?taken-by=sothebysggi tersebut diketahui adalah seorang kolektor asal Eropa dan berjenis kelamin perempuan.

"Karya 'Love is in the Bin' menjadi karya seni pertama dalam sejarah yang dibuat langsung selama lelang. Pembelinya adalah seorang kolektor Eropa perempuan dan klien lama Sotheby. Ia melanjutkan membeli dengan harga yang sama seperti yang tercapai di ruangan saat itu," tulis Sotheby lagi.

Aksi Banksy yang fenomenal di rumah lelang itu mengejutkan siapapun. Usai lukisannya terjual dengan harga ketok palu Rp 20 miliar, tombol yang ada di pemegang palu langsung memencet akses ke lukisan. 'Girl with Balloon' pun seperti berjalan turun dan setengahnya dihancurkan oleh mesin yang berada di dalam kanvas.



Lukisan stensil gadis yang memegang balon berwarna merah itu diklaim sebaai aksi 'Banksy'd'. Seniman asal Bristol itu pun menyimpulkan aksinya di akun Instagram dengan keterangan, "Pergi, pergi, pergi...." bersamaan dengan foto orang-orang yang terkejut dengan aksinya tersebut.

Lukisan 'Love is in the Bin' bakal dipamerkan pada publik di Galeri Sotheby's New Bond Street pada 13-14 Oktober.

[Gambas:Instagram]



Saksikan juga video 'Mural Brexit Karya Banksy Viral di Sosial Media':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed