Sebelum Jadi Aktor, Rudy Wowor Puluhan Tahun Mengajar Tari

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 05 Okt 2018 13:36 WIB
Foto: Wisnu Agung Prasetyo
Jakarta -

Kepergian aktor Rudy Wowor membawa duka yang mendalam bagi dunia hiburan Tanah Air. Sebelum dikenal sebagai aktor film, Rudy Wowor juga aktif berkecimpung di dunia seni tari.

Selama lebih dari satu dekade, Rudy Wowor pernah mengajar seni tari di EKI Dance Company. Hal tersebut diungkapkan oleh pendiri sekaligus koreografer Eksotika Karmawibangga Indonesia (EKI) Dance Company Rusdy Rukmarata.

"Beliau pernah mengajar balet, flamingo, dan jenis tarian lainnya di EKI Dance Company dari tahun 2000-an sampai sekitar tahun 2011 atau 2012an," ujarnya ketika dihubungi detikHOT, Sabtu (5/10/2018).


Di beberapa produksi seni tari, pria kelahiran Amsterdam 1943 silam itu pernah menciptakan koreografi untuk musikal. "Beliau pernah akting di musikal kita dan pernah nyanyi," kata Rusdy.

Menurutnya, sosok Rudy Wowor dikenal sebagai seorang pengajar tari yang perfeksionis. Di era 1980-an sebelum Rusdy belajar ke London ia sudah terlebih dahulu belajar balet dengan Rudy Wowor.


Ungkapan Duka Cita Joko Anwar dan Netizen untuk Rudy Wowor, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



"Dia ngajarin saya balet yang klasik dengan teknik otentik. Guru saya yang di London bilang kok tekniknya bisa kayak gini. Udah jarang orang punya teknik seperti ini. Jarang banget ada penari yang punya teknik seperti ini," ujar pria yang juga menjadi Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta ini.


Dia pun menambahkan, "Dia sangat profesional, sangat detail. Sebagai seorang penari sangat mementingkan kejiwaan. Kalau kita jadi muridnya, gerakan nggak boleh salah. Bisa seharian itu diulang gerakannya."

Bersama EKI Dance Company yang berdiri sejak 1996, Rudy Wowor pernah terlibat dalam pertunjukan musikal Madame Dasima di tahun 2001, 'Gallery of Kisses' di 2002, dan 'Miss Kadaluwarsa' pada 2007.

(tia/doc)