detikHot

art

Di Balik Wayang Superhero Karya Is Yuniarto

Jumat, 05 Okt 2018 10:46 WIB Tia Agnes - detikHot
Di Balik Wayang Superhero Karya Is Yuniarto  Foto: is.yuniarto/ pribadi Di Balik Wayang Superhero Karya Is Yuniarto Foto: is.yuniarto/ pribadi
Jakarta - Kreasi Wayang Avengers ciptaan Is Yuniarto melambung naik lantaran diberikan kepada sutradara dan aktor 'Avengers: Infinty War' beberapa waktu lalu. Di balik wayang yang hadir secara modern, komikus 'Garudayana' ingin memberikan pesan-pesan tertentu pada publik.

Komikus asal Surabaya ini menuturkan desain-desain wayang superhero yang diciptakannya adalah fanart. Ia ingin mengapresiasi karakter komik populer dan kesenian wayang kulit.

"Awalnya dari profesi saya sebagai komikus, yang sedang menggarap judul komik 'Garudayana', sebuah komik berkisah tentang Garuda dan pewayangan (tradisional), dengan style gambar modern," tuturnya ketika dihubungi detikHOT, Jumat (5/10/2018).



Kemudian, Is pun mencoba untuk bereksperimen. "Bagaimana kalau seandainya konsepnya di balik, menjadi karakter dari cerita modern atau pop dibuat dengan style tradisional yakni wayang kulit," tutur Is.

[Gambas:Instagram]



Dari situ, ia menciptakan wayang Iron Man, Doctor Strange, Nebula, Spider-Man, Hulk, Captain America, Black Widow, Mad Titan, Black Panther hingga wayang Star Wars.

"Yang ingin saya sampaikan melalui desain wayang pop ini terutama pada generasi anak muda yang menyukai budaya populer," katanya.



Dia pun menambahkan, "Bahwa seni tradisional wayang kulit itu sebenarnya asyik dan keren."

Kreasi Is Yuniarto yang terbaru adalah Venom. Ia mengkreasikan bentuk antihero Venom seperti gambar pada versi komik maupun layar lebar. Karya-karya Is Yuniarto bisa dilihat di akun Instagram @is.yuniarto.





Tonton juga 'Keren! Seniman Indonesia Ini Bikin Wayang Avengers':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com