detikHot

art

Pentas 'Bawi Lamus' Usung Seni Tradisi Suku Dayak Kalimantan Tengah

Rabu, 26 Sep 2018 19:00 WIB Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Pentas 'Bawi Lamus' Usung Seni Tradisi Suku Dayak Kalimantan Tengah Foto: Febriyantino/ detikHOT
Jakarta - Pertunjukan teater 'Bawi Lamus' hadir pertama kalinya pada 13-14 Oktober 2018 di Gedung Teater Jakarta, kompleks TIM. Terinspirasi dari seni tradisi suku dayak Kalimantan Tengah, pentasnya akan diisi beragam artis Tanah Air.

'Bawi Lamus' adalah pertunjukan seni dan tradisi Suku Dayak Ngaju dan Suku Dayak Manyan Kalimantan Tengah. Pentasnya mengkolaborasikan antara musik orkestra dan tata pertunjukan yang modern.

Kata 'Bawi Lamus' berarti perempuan cantik dan anggun. Menurut eksekutif produser Alfina Teras Narang, Kalimantan Tengah punya seni dan budaya yang berpotensi diadaptasi menjadi seni pertunjukan.



"Kalimantan Tengah pada umumnya memiliki potensi dalam bidang seni dan budayanya. Masih ada yang saya lihat perlu diangkat ke permukaan. Untuk diangkat, tidak cukup hanya yang ada di Kalimantan. Harus bekerja sama dengan orang-orang yang peduli terhadap seni dan budaya. Mereka semua peduli dan memahami seni dan budaya," ujar Teras Narang.

Pertunjukan 'Bawi Lamus' melibatkan beberapa nama di antaranya adalah Inet Leimana sebagai sutradara, Paquita Widjaja Rustandi sebagai penulis naskah teater, Jay Subiakto untuk bagian artistik, Erwin Gutawa sebagai music director, dan Taba Sanchabakhtiar untuk bagian visual.

"Visi dan misinya masalah global, lingkungan, budaya, dan masalah yang terjadi di dunia. Global warming, kebakaran hutan, dan lain-lain. Kalimantan paru-paru dunia flora dan faunanya terlengkap di dunia. Ini yang kita mau sampaikan ke generasi milenial, gimana bisa hidup terus mempertahankan flora dan faunanya yang lengkap di dunia," ujar Jay Subiakto.

Tiket pertunjukan 'Bawi Lamus' dibanderol Rp 300 ribu (silver), Rp 500 ribu (gold), Rp 1,950,000 (platinum), dan Rp 2,5 juta (diamond).



Tonton video 'Sophia Latjuba Siap Tampil Memukau di Pertunjukan 'Bawi Lamus'':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com