DetikHot

art

Sajian Perupa Aceh dan 6 Lukisan Koleksi GNI di Pameran Keliling

Senin, 24 Sep 2018 11:09 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sajian Perupa Aceh dan 6 Lukisan Koleksi GNI di Pameran Keliling Sajian Perupa Aceh dan 6 Lukisan Koleksi GNI di Pameran Keliling Foto: GNI
Jakarta - Galeri Nasional Indonesia (GNI) kembali mempersembahkan pameran keliling di kota Aceh. Dikuratori oleh Suwarno Wisetrotomo, pameran ini menghadirkan 6 lukisan koleksi GNI dan 30 karya perupa Aceh.

"Eksibisi ini sengaja dihadirkan untuk mengangkat dan menunjukkan potensi para perupa Aceh di bidang seni rupa," ujar Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto dalam keterangan pers yang diterima detikHOT.

Dia pun menambahkan, "Semakin kuat statement seni di masing-masing daerah maka akan semakin kokoh seni rupa Indonesia menjadi identitas bangsa."



Enam lukisan koleksi GNI yakni karya A. D. Pirous, Amang Rahman Jubair, Samsudin Hardjakusumah, Lian Sahar, Ahmad Sadali, dan Amri Yahya. Sedangkan 30 karya perupa Aceh lainnya di antaranya adalah Anni Kholilah, Idrus bin Harun, Qurbani Akbar, Rahmad Alfajrianur, Sabaruddin, Said Akram, Yusrizal Ibrahim, Zul MS, dan lainnya.
Sajian Perupa Aceh dan 6 Lukisan Koleksi GNI di Pameran KelilingSajian Perupa Aceh dan 6 Lukisan Koleksi GNI di Pameran Keliling Foto: GNI

Pameran yang berjudul 'Serambi Seni' diakui Suwarno Wisetrotomo sebagai kurator pameran merupakan upaya untuk membuat ekosistem seni lebih menyala di Aceh. Menurutnya karya-karya yang dihadirkan ada tiga metode.

"Menyusuri masa lalu, merekam masa kini, dan membayangkan masa depan," katanya.

Lewat pameran keliling 'Serambi Seni' perupa Aceh kembali membuktikan karya yang ditampilkan tidak terlepas dari kearifan lokal Aceh. Pameran dibuka pada Selasa (25/9) dan berlangsung sampai 30 September mendatang di UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh.


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed