DetikHot

art

4 Fakta Lukisan 'Mona Lisa' yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Minggu, 23 Sep 2018 13:23 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
4 Fakta Lukisan Mona Lisa yang Mungkin Belum Kamu Tahu Lukisan 'Mona Lisa' Foto: Getty Images
Jakarta - Lukisan 'Mona Lisa' yang dibuat oleh Leonardo da Vinci menjadi warisan dunia dari abad ke-16. Dibuat dengan cat minyak, siapapun yang melihat lukisanya di Museum Louvre Paris pastinya akan dibuat takjub.

Potret 'Mona Lisa' atau yang dikenal sebagai La Gioconda merupakan sosok dari istri Francesco del Giocondo. Lima abad setelah da Vinci melukisnya, potret 'Mona Lisa' tergantung di balik kaca antipeluru di dalam museum.

Berikut hal-hal yang tidak diketahui publik tentang lukisan 'Mona Lisa' yang sangat terkenal di dunia, seperti dirangkum detikHOT:

1. 'Mona Lisa' Bukan Dilukis di Atas Kanvas

Kalau biasanya sebuah lukisan dibuat di atas kanvas, berbeda dengan 'Mona Lisa'. Karya terkenal da Vinci ini dilukis dengan cat minyak di atas kayu poplar. Kanvas memang sudah tersedia sejak abad ke-14 tapi banyak pelukis era Renaisans yang lebih memilih kayu sebagai material dasar.

2. 'Mona Lisa' Punya Ruangan Sendiri

Setelah Museum Louvre Paris selesai merenovasi di tahun 2003, 'Mona Lisa' memiliki ruang sendiri. Ada langit-langit kaca yang memungkinkan cahaya alami masuk, kaca antipeluru yang menjaga keutuhan lukisan, serta suhu yang dikontrol setiap saat.

Fakta Soal Lukisan 'Mona Lisa' yang Mungkin Belum Kamu TahuFoto: Ilustrasi: Luthfy Syahban

3. Pablo Picasso Pernah Mencuri 'Mona Lisa'?

Meskipun 'Mona Lisa' menjadi lukisan yang sangat terkenal dan diakui, tapi tidak akan dikenal kalau bukan karena berita pencurian di tahun 1911. Media massa seluruh dunia menyebarkan cerita tentang kehilangan dari Louvre Paris tersebut.

Pablo Picasso dicurigai sebagai pencurinya. Bahkan penyair Guillaume Apollinaire diduga juga karena pernah membuat puisi 'Mona Lisa' harus dibakar.

4. 'Mona Lisa' Tak Ternilai

'Mona Lisa' benar-benar tak ternilai harganya. Lukisannya tidak dapat dibeli maupun dijual sesuai hukum warisan Prancis. Sebagai bagian dari koleksi museum, 'Mona Lisa' merupakan milik publik.
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed