DetikHot

art

Ini Tantangan Tersulit Purjito Bikin Patung 7 Presiden

Kamis, 20 Sep 2018 21:08 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ini Tantangan Tersulit Purjito Bikin Patung 7 Presiden Riset Foto Tantangan Tersulit Purjito Bikin Patung 7 Presiden Foto: Tia Agnes
Jakarta - Pematung asal Yogyakarta Purjito punya tahapan-tahapan tersulit dalam menggarap patung 7 presiden. Karya-karyanya kini tengah dipajang di hutan kota kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan belum bisa diakses untuk umum.

Kepada detikHOT, Purjito menceritakan tahap awal dalam pembuatannya adalah riset dengan mencari foto sosok yang akan dibuatkan patung. Atau lebih baik kalau sosoknya masih hidup adalah bertemu langsung dan mengobrol.

"Cari foto itu bisa dari internet, jadi saya main skala saja. Misalnya ingin bikin patung tampak depan, jadi ukuran sebenarnya dikira-kira skalanya," tuturnya, Kamis (20/9/2018).



Satu patung bisa dikerjakannya dalam waktu cepat yakni dua hari. Tapi ada juga yang sampai dua bulan.

Riset Foto Tantangan Tersulit Purjito Bikin Patung 7 PresidenRiset Foto Tantangan Tersulit Purjito Bikin Patung 7 Presiden Foto: Tia Agnes


"Lamanya ya cari foto potretnya itu apalagi sosok yang sudah meninggal karena kan tidak bertemu langsung," kata Purjito lagi.

Sosok Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pun pernah dibuat Purjito. Namun khusus untuk Ahok dia mendatangi langsung Mako Brimob Depok untuk mengobrol dan mengira-ngira skala patungnya.

"Kalau dibilang 80 sampai 90 persen mirip itu sudah bagus, sudah maksimal," pungkasnya.


(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed