DetikHot

art

7 Patung Presiden Indonesia Hiasi Hutan Kota GBK

Kamis, 20 Sep 2018 12:55 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
7 Patung Presiden Indonesia Hiasi Hutan Kota GBK 7 Patung Presiden Indonesia Hiasi Hutan Kota GBK Foto: Tia Agnes
Jakarta - Sejak persiapan Asian Games beberapa waktu lalu, kompleks Gelora Bung Karno (GBK) membenahi diri. Salah satunya adalah lapangan golf Driving Range yang kini beralih fungsi menjadi hutan kota. Di antara hutan kota yang sampai sekarang belum dibuka untuk publik, ada 7 patung presiden Republik Indonesia yang menghiasi.

Jangan kaget kalau patung-patung itu berada di tengah taman dan menjadi salah satu daya pikat bagi kawasan tersebut. Mulai dari Bung Karno yang tengah duduk, Soeharto yang tampak gagah dengan blankon dan pakaian khas Jawa, dan B.J Habibie didampingi istrinya Ainun Habibie.

7 Patung Presiden Indonesia Hiasi Hutan Kota GBK7 Patung Presiden Indonesia Hiasi Hutan Kota GBK Foto: Tia Agnes

Ada juga Gus Dur yang sedang duduk, ada Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono yang tangannya tengah melambai, dan patung Jokowi mengenakan setelan jas.



Patung-patung yang terbuat dari perunggu itu tampak kontras dengan pemandangan kantor yang menjulang tinggi di seberang kompleks GBK. Pematung yang menciptakan patung presiden adalah Purjito asal Yogyakarta.

Dia dikenal sebagai pematung potret yang eksis berkarya sampai saat ini. Pria berusia 57 tahun itu menuturkan sebenarnya ada 19 patung yang ada di kawasan hutan kota kompleks GBK, Senayan, Jakarta Pusat.

"Di bagian luar mungkin yang dipajang hanya patung Presiden RI saja, di dalam ruangan masih ada banyak," tuturnya saat dihubungi detikHOT, Kamis (20/9/2018).

7 Patung Presiden Indonesia Hiasi Hutan Kota GBK7 Patung Presiden Indonesia Hiasi Hutan Kota GBK Foto: Tia Agnes

Patung-patung ciptaan Purjito yang dipamerkan sebenarnya dalam rangka menyambut Asian Games dan Asian Para Games 2018. Tapi mungkin saja, lanjut dia, sampai sekarang masih tahap pembenahan dan belum bisa dilihat dengan bebas oleh publik. Sehingga akses terbatas dan masih dijaga ketat keamanan.

"Patung ini saya biayai sendiri. Bahwa masyarakat kecil juga mampu menghargai tokoh-tokoh bangsa dengan menghadirkannya dalam bentuk seni patung. Saya memang mengabadikannya, ada patung yang sudah saya buat sejak tahun 2015 yang patung Pak Jokowi ada juga patung Ronaldo yang baru saja saya buat," pungkasnya.



Tonton video 'Keren! 7 Patung Presiden Indonesia Hiasi Hutan Kota GBK':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/mah)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed