DetikHot

art

Patung 'Pemanah' Karya Strobl Kembali ke Istana Kepresidenan

Selasa, 04 Sep 2018 16:02 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Patung Pemanah Karya Strobl Kembali ke Istana Kepresidenan Foto: Patung pemanah karya Zsigmond Kisfaludi Strobl dari Hungaria 'pulang' ke Istana Kepresidenan, Jakarta. (Niken-detikcom)
Jakarta - Patung bersejarah 'Pemanah' karya Zsigmond Kisfaludi Strobl dari Hungaria dikembalikan pulang dan dipajang lagi di Istana Kepresidenan Jakarta. Patungnya menjadi salah satu karya koleksi Istana Negara yang dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia (GNI) sepanjang bulan Agustus.

Salah seorang kurator pameran seni koleksi Istana Kepresidenan Amir Sidharta mempublikasikannya lewat akun Instagram.

"He is back," tulisnya di akun Instagram @senirupa seperti dilansir detikHOT, Selasa (4/9).



Patung tersebut kembali diletakkan di halaman depan Istana Negara. Dalam katalog diceritakan patung 'Pemanah' sengaja dipesan oleh Bung Karno saat kunjungannya di tahun 1960.

Bung Karno mengunjungi Studio Strobl dan memesan belasan patung termasuk patung 'Pemanah'. Menurut Presiden Sukarno yang memang menyukai dunia seni, patung ini merupakan lambang kesatriaan bangsa Timur dan Selatan.

Patung tersebut kemudian dibawa ke Indonesia dan diletakkan di Istana Kepresidenan di Jakarta, sebelum kemudian berpindah ke Bogor, dan kembali ke Jakarta. Karya Strobl ini pula menjadi salah satu ikon dari pameran yang mengusung tema 'Indonesia Semangat Dunia' selain lukisan 'Perkelahian dengan Singa' karya Raden Saleh dan lukisan 'Memanah' Henk Ngantung.




[Gambas:Instagram]


(tia/srs)

Photo Gallery
1 1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed