Foto Anak Punk Mirip Jokowi Manipulasi Agan Harahap

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 24 Agu 2018 18:28 WIB
Foto Anak Punk Mirip Jokowi Manipulasi Agan Harahap Foto: @aganharahap/ Instagram
Jakarta - Foto anak punk mirip seperti Presiden Indonesia Joko Widodo tengah viral di media sosial. Potret yang diunggah oleh seniman Agan Harahap di akun Instagram pribadinya tersebut diperbincangkan hangat.

Dalam foto tersebut, rambut anak punk tersebut mirip dengan Sid Vicious. Pria dalam foto lawas tersebut mengenakan jaket kulit dan kaus bertuliskan Sex Pistols, bank punk terkenal di tahun 1970-an.

Sang pengunggah foto lawas adalah Agan Harapan. Pria bernama lengkap Yohanes Paganda Halasan Harahap dikenal di kalangan art photography. Ia merupakan seniman yang ahli memanipulasi foto dan menempatkan potret seleb maupun sosok terkenal menjadi bahan parodi.



Di foto lawas yang diunggah kemarin, ketika diwawancarai detikHOT Agan Harahap menegaskan fotonya adalah hasil manipulasi. "Elu yakin itu real?," tanyanya balik sembari tertawa.

Tak lama kemudian, Agan langsung mengkonfirmasi bahwa foto anak punk mirip Jokowi itu adalah manipulasi. "Itu manipulasi, gue baru nemu cara untuk meremajakan foto," tutur Agan.

Ide foto nyeleneh tersebut diakui Agan digarapnya dalam waktu singkat. "Cepet banget kok eksekusinya, yang lama itu cari wangsit-nya, foto remajanya mau diapain ya. Itu yang lama," ujarnya.

Sebelumnya, Agan Harahap memposting foto anak punk mirip Jokowi yang mendapatkan lebih dari 15,1 ribu likes dan 1224 komentar.



"Belum lama ini saya berkesempatan untuk berjumpa ke kediaman seorang senior mantan dedengkot punk tanah air yang kini dikenal sebagai salah satu kolektor keris. Ditemui di kediamannya dibilangan Jatinegara, beliau yang meminta agar identitasnya dirahasiakan, bercerita tentang awal pergerakan punk di Indonesia. Beliau juga menyayangkan tentang stigma negatif yang kerap disematkan pada anak-anak punk...," tulis Agan memulai cerita di balik foto tersebut.

[Gambas:Instagram]



Dari postingan foto tersebut, komentar netizen pun beragam.

"jokowi rambutnya dr dulu g pernah jegrikkk, cm gondrong aja," ujar seorang netizen.

"Seperti rian D'masiv bukan pak jokowi," tulis @nurdesria.


(tia/nu2)