DetikHot

art

Seni Bambu Proyek Anies Diresmikan, Joko Avianto: Ini Tantangan Besar

Kamis, 16 Ags 2018 17:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Seni Bambu Proyek Anies Diresmikan, Joko Avianto: Ini Tantangan Besar Karya Joko Avianto. Foto: Hanif Hawari/ detikHOT
Jakarta - Karya seni instalasi bambu 'Getah Getih, karya Joko Avianto akhirnya diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sore ini. Karya yang terdiri dari 1600 batang bambu dan dibuat selama satu minggu itu dililit dan dilipat sesuai dengan desain seniman asal Cimahi Jawa Barat tersebut.

Saat sambutannya, Joko Avianto menuturkan penggarapan yang dimulai dua minggu lalu dan diajak oleh Gubernur DKI Anies Baswedan, ia merasa sebagai tantangan sekaligus kesempatan.

"Tentu ajakan ini memberikan tantangan pada saya, untuj membuat karya seni di lingkaran Bundaran HI Bagi seorang pematung, ini jadi kesempatan yang besar bagi saya. Saya berhadapan dengan ruang publik. Titik orientasi orang Jakarta," kata Joko Avianto saat sambutan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (16/8/2018).

Seni bambu di Bundaran HIFoto: Tia Agnes/detikHOT
Joko menyadari di area tersebut sudah ada banyak patung monumental. Misalnya saja Monumen Selamat Datang yang titik orientasinya sudah ditentukan oleh Bung Karno.

"Untuk Jakarta kita melihat ada monumen. Saya pikir gedung-gedung di sekitar bundaran HI melingkar. Ini adalah titik orientasi yang penting. Dari arah Utara dan Selatan memang ada titik monumental," tutur Joko.

Joko Avianto menciptakan karya seni instalasi yang berjudul 'Getah Getih' yang berarti 'Merah Putih'. Karya instalasinya kini disekelilingnya dihias oleh taman-taman penuh bunga.



(tia/srs)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed