DetikHot

art

Kenapa Seni Bambu Joko Avianto Ditempatkan Anies di Bundaran HI?

Rabu, 15 Ags 2018 22:02 WIB  ·   Nugraha - detikHOT
Kenapa Seni Bambu Joko Avianto Ditempatkan Anies di Bundaran HI? Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Seniman Joko Avianto tak tahu alasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memasang karya seni instalasi Bambu Getah Getih di Bundaran Hotel Indonesia.

Menurutnya, sejak pertama kali dipanggil, Anies sudah memperlihatkan blueprint MRT di dekat Patung Selamat Datang. Ia pun mendesain karya seni itu berdasarkan blueprint tersebut.

"Rancangan di island yang ada di atasnya, yang menghadap Bundaran HI. Saya mendesain berdasarkan itu, kalau ada ketidakcocokan sebenarnya masing-masing. Saya nggak usah jawab juga," ungkapnya kepada detikHOT, Rabu (15/8/2018).

Joko Avianto memasang instalasi itu berdasarkan pandangannya dari utara ke selatan. Sebab Patung Selamat Datang yang dibuat tahun 1961 juga mengarah ke utara.

"Itu menyambut tamu asing, atlet asing yang berlaga di Indonesia. Kalau saya menghormati titik orientasi itu, jadi arahnya ke patung itu. Kalau patung Jenderal Sudirman juga ke utara, sementara Arjuna Wiwaha ke Selatan. Saya langsung kayak gitu, berhadapan," tuturnya.

Menurutnya, blueprint MRT itu juga menunjukan arah. Ia melihat dari atas bentuknya segitiga.

"Saya merespons ruang mencari bentuk yang sesuai. Belum lengkap juga itu, malam ini ada penambahan, ada bendera merah dan putih. Itu nanti akan dicoba dipasang di atas, bentuknya runcing kayak segitiga," tuturnya.


(nu2/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed