DetikHot

art

Ini Arti Seni Bambu Joko Avianto yang Jadi Proyek Anies Baswedan

Rabu, 15 Ags 2018 18:04 WIB  ·   Nugraha - detikHOT
Ini Arti Seni Bambu Joko Avianto yang Jadi Proyek Anies Baswedan Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Joko Avianto membuat instalasi seni Bambu Getah Getih. Apa arti karya seni yang jadi proyek Anies Baswedan tersebut?

Joko menjelaskan pesan dalam instalasi itu, salah satunya sebagai ikatan bangsa dan keteraturan. Bambu-bambu itu juga mewakili keberagaman seperti suku bangsa Indonesia.
Ini Arti Seni Bambu Joko Avianto yang Jadi Proyek Anies BaswedanFoto: Rifkianto Nugroho

"Sebenarnya agak naif, tapi sudah terintegrasi dan ada di karya saya pesannya. Saya ambil dari pasukan Majapahit yang kayak bendera dikibarkan, diarak. Tiangnya ada 73 bambu, itu Indonesia ulang tahun ke-73. Bambu itu menahan struktur dari bambu yang banyaknya 1600, itu tantangan secara konstruksi," ungkap Joko Avianto saat berbincang dengan detikHOT, Rabu (15/8/2018).

Pilinan dari bambu itu disebutnya seperti tambang yang dianggap sebagai unsur kekuatan. Ada juga pesan yang dibuatnya khusus untuk atlet yang berlaga di Asian Games nanti.
Ini Arti Seni Bambu Joko Avianto yang Jadi Proyek Anies BaswedanFoto: Rifkianto Nugroho

"Saya menyemangati atlet yang berlaga dengan materialnya, seperti 17 Agustus yang identik dengan bambu runcing. Sebenarnya ada di wilayah itu," tuturnya.

Instalasi bambu tersebut dipajang di Bundaran Hotel Indonesia sejak pukul 23.00 WIB tadi malam. Joko Avianto membangunnya selama satu minggu.
(nu2/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed