DetikHot

art

Joko Avianto, Seniman Instalasi Bambu Asian Games Proyek Anies

Rabu, 15 Ags 2018 16:31 WIB  ·   Ken Yunita - detikHOT
Joko Avianto, Seniman Instalasi Bambu Asian Games Proyek Anies Foto: Instagram Anies Baswedan
Jakarta - Anies Baswedan menampilkan bambu untuk mempercantik kota Jakarta selama gelaran Asian Games 2018 berlangsung.

Bukan bambu sebagai tiang bendera, kali ini, bambu yang dirangkai cantik menjadi sebuah karya seni.

"Inilah bambu Indonesia. Ditanam di pedesaan, dirawat dan dipanen oleh petani kecil, dijajakan oleh pedagang mikro. Kini membentang di area tanah -salah satu- paling mahal di Republik ini," tulis Anies Baswedan di Instagramnya dilihat detikHOT, Rabu (15/8/2018).
Joko Avianto berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di depan karya seni bambunya. Joko Avianto berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di depan karya seni bambunya. Foto: Instagram Anies Baswedan


Anies melibatkan seniman bambu, Joko Avianto dalam proyek tersebut. Siapa sosok seniman itu?

Joko Avianto merupakan seniman kelahiran Cimahi, Jawa Barat. Dia menyelesaikan kuliah S1 dan pasca sarjana di Institut Teknologi Bandung.

Sebagai seniman, karya Joko pertama kali dipamerkan pada tahun 1999 dalam Fetishism di Scuplture Studio ITB, Bandung dan Creative Experiment di Soemardja Gallery, Bandung. Joko mulai sering mengikuti pameran bersama di Indonesia. Namanya mulai dikenal luas setelah karya instalasinya dipamerkan di Frakfurt Book Fair 2015.

Saat itu, Joko memajang 1500 batang bambu jenis awitali dan betung di depan fasad Frankfurter Kunstverein. Salah satu bangunan tertua di Romerberg tersebut ternyata menarik minat pengunjung yang lalu lalang sekaligus menjadi bahan penelitian bagi penggiat botani dan arsitektur. Karyanya saat itu merupakan sebuah kehormatan dan tantangan yang cukup berat.

"Pameran ini sangat menantang karena dibandingkan pengalaman sebelumnya di Singapura dan Malaysia, Eropa jauh secara jaraknya dan saya sudah wanti-wanti tim dan bawa material ke sana akan mahal sekali," katanya saat itu.

Joko memang tak bisa dipisahkan dengan bambu. Dia pernah mengatakan, bambu merupakan material yang sesuai dengan gagasannya dalam mengkritisi eksploitasi alam.




Tonton juga 'Anies Pamer Karya Seni Bambu di Bundaran HI':

[Gambas:Video 20detik]


(ken/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed