DetikHot

art

Gatot Indrajati Ajak Berimajinasi di Ruang Seni Anak Museum MACAN

Senin, 06 Ags 2018 14:55 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Gatot Indrajati Ajak Berimajinasi di Ruang Seni Anak Museum MACAN Foto: Tia Agnes
Jakarta - Gatot Indrajati untuk pertama kalinya membuat karya instalasi berukuran satu ruangan penuh di Ruang Seni Anak Museum MACAN. Material kardus sengaja dipilih Gatot dan tim museum lantaran ramah bagi anak-anak.

Seniman yang kini tinggal di Yogyakarta itu pun ingin mengajak pengunjung khususnya anak-anak untuk berimajinasi.

"Kotak kardusnya memang saya sengaja jadikan sebagai ruang berimajinasi. Dan kotak ini memang secara logika lebih mudah dibentuk dibandingkan bentuk lainnya," kata Gatot usai peresmian karya komisi kedua Ruang Seni Anak di Museum MACAN, Senin (6/8/2018).

Bentuk kotak pun diakui Gatot memiliki dimensi yang fleksibel dan bisa diletakkan di media apapun. "Untuk mengubah dan meletakkan di mana pun lebih mudah."

Gatot Indrajati Ajak Berimajinasi di Ruang Seni Anak Museum MACANGatot Indrajati Ajak Berimajinasi di Ruang Seni Anak Museum MACAN Foto: Tia Agnes

Dengan karya 'Kotak Utak-Atik' tersebut, Gatot pun berharap setelah mengunjungi Museum MACAN, anak-anak bisa lebih kreatif lagi untuk membuat mainan dari bahan apapun. Misalnya saja botol, kaleng, kertas, dan material lainnya.

"Paling tidak karya ini sedikit memberikan inspirasi. Jadi bisa membuat barang apa pun dari bahan yang ada di sekitar kita," pungkasnya.

'Kotak Utak-Atik' merupakan respons Gatot terhadap budaya produksi dan konsumsi massal. Ia menciptakan sebuah pernyataan terhadap efek teknologi pada budaya utak-atik di Indonesia. Karya instalasi Gatot bisa dijumpai di Ruang Seni Anak Museum MACAN dengan akses sesuai tiket museum yang berlaku.


(tia/mah)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed