DetikHot

art

Misteri Lukisan 'Diponegoro yang Terluka' di Akhir Hayat Hendra Gunawan

Senin, 06 Ags 2018 08:44 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Misteri Lukisan Diponegoro yang Terluka di Akhir Hayat Hendra Gunawan Foto: (Agnes/detikhot)
Jakarta -

Lukisan-lukisan Hendra Gunawan bertebaran di tangan kolektor Indonesia hingga kini. Salah satu di antaranya adalah lukisan berjudul 'Diponegoro yang Terluka' dan merupakan salah satu lukisan yang dipamerkan dalam pameran 'Prisoner's of Hope' di Ciputra Museum.

Uniknya lukisan tersebut masih menyimpan misteri tak berkesudahan. Wajah Pangeran Diponegoro belum tergoreskan dengan lengkap.

Di lukisan, Hendra Gunawan seperti membiarkan lukisannya masih menjadi misteri. "Tinggal wajahnya saja itu," ujar kurator pameran Agus Dermawan T ketika berbincang di Ciputra Museum, akhir pekan lalu.



"Sampai sekarang belum pernah terungkap wajah Diponegoro yang belum dilukis. Itu dilukis tahun 1983 atau 3 bulan sebelum Pak Hendra meninggal dunia," tambah Agus lagi.

Biasanya, menurut Agus, sang maestro kerap meminta kerabat terdekatnya untuk menjadi model bagi setiap lukisan-lukisannya. Gambar wajah tanpa obyek itu biasanya memang dikosongkan dahulu.

"Yang ini belum pernah terungkap," jelas Agus.

Namun menurut istri Hendra Gunawan, Nuraini, wajah dalam lukisan tersebut belum dilukis hanya permasalahan teknis. Yakni Hendra kerap melukis banyak karya dan suka menunda lukisan yang satu dengan yang lalu.


"Yang belum selesai karena ditunda, dia menggambar lagi yang lain sampai wajahnya belum selesai," tandasnya.

Puluhan lukisan langka Hendra Gunawan bisa dilihat di Ciputra Museum dalam rangkaian perayaan 100 tahun Hendra Gunawan. Pameran berlangsung sampai 16 Agustus mendatang.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed