DetikHot

art

'Beautifikasi' Anies Seharusnya Bisa Menjaga Alur Estetika

Jumat, 03 Ags 2018 19:08 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Beautifikasi Anies Seharusnya Bisa Menjaga Alur Estetika Foto: Instagram Anies Baswedan
Jakarta - Bagi sebagian besar masyarakat, seni tampak njelimet dan rumit. Tapi seni di ruang publik seharusnya mampu mendekatkan seni pada masyarakat awam agar lebih merasa dekat dengan seni.

'Beautifikasi' yang dilontarkan Anies dan Sandi pun seharusnya berada dalam level estetika yang benar. Menurut John Martono yang diajak berpartisipasi di projects Kampung Sketsa Penjaringan tak semua masyarakat mengerti seni.

"Kalau dilepas jadi beragam dan dengan level estetika yang berbeda-beda. Jangan-jangan kurang mengerti seni juga," ujarnya.



Ia menuturkan kalaupun ada pendamping yang ahli di bidang seni dan mampu mendampingi dari A sampai Z serta dibagi per wilayah, alangkah baiknya.

Ia pun mengkritisi project atau karya yang tak ada dokumentasi yang lengkap. John menyarankan agar mural-mural Asian Games tersebut ada deskripsi dari pengamatan seni yang ditulis lebih ringan.

"Sebuah peristiwa ada buku yang bagus dibaca dan tidak memberatkan masyarakat. Aku lebih senang mendokumentasikan karya saya proses-proses yang ketimbang hasil. Memang mesti didampingi ahli yang pasti untuk menjaga alur estetika," pungkasnya.





(tia/mah)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed