DetikHot

art

John Martono, Seniman Bandung yang Diajak Bikin Mural 'Beautifikasi' Anies

Jumat, 03 Ags 2018 17:45 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
John Martono, Seniman Bandung yang Diajak Bikin Mural Beautifikasi Anies Foto: Instagram Anies Baswedan
Jakarta - Kampung sketsa Penjaringan yang baru saja diresmikan Gubernur DKI Anies Baswedan jadi salah satu cara 'beautifikasi'. Di kawasan Penjaringan Jakarta Utara, Pemprov DKI dan Propan bekerja sama menciptakan mural-mural untuk menyambut Asian Games 2018.

John Martono adalah seniman Bandung yang diundang untuk bekerjasama Propan. Ketika dihubungi detikHOT, pelukis abstrak ini menuturkan diajak Propan dari 1,5 bulan yang lalu.

"Awalnya sebulan setengah lebih yang lalu aku dihubungi sama Propan soal ini. Aku bikin konsep dan aku ajukan beberapa. Prosesnya juga dirapatkan oleh sidang Dewan Kota Tua yang berkaitan dengan rambu-rambu warna yang harus diblend di Kota Tua itu," ujarnya.

John Martono, Seniman Bandung yang Diajak Bikin Mural 'Beautifikasi' AniesJohn Martono, Seniman Bandung yang Diajak Bikin Mural 'Beautifikasi' Anies Foto: Instagram Anies Baswedan

Dari beberapa konsep tersebut, akhirnya satu konsep pria yang akrab disapa Kapten John itu diterima.



"Akhirnya desain yang disetujui di rambu-rambu itu, warna Kota Tua yang direkomendasikan yang isi Dewannya arsitek, sejarawan, dan orang-orang berkompeten lainnya," lanjutnya.

Dibantu oleh Pasukan Harian Lapangan (PHL) yang menurut John sudah dilatih pihak Propan untuk turut membantu melukis. Dia pun langsung membuat sketsa di trotoar di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara.

John Martono, Seniman Bandung yang Diajak Bikin Mural 'Beautifikasi' AniesJohn Martono, Seniman Bandung yang Diajak Bikin Mural 'Beautifikasi' Anies Foto: Instagram Anies Baswedan

"Diisi warna apa saja. Ada warna-warna yang nggak dapat di katalog. Lewat warna yang paling mirip. Disesuaikan dan saya campur sendiri," ujar dia.

Bersama asisten dan tim HPL, John membuat mural bergaya ciri khasnya yang abstrak dan penuh warna itu di tembok dan trotoar tiga jembatan. Total karyanya mencapai sepanjang 40-an meter.

"Di bagian aku memang aku usul digambar kayak gini aja. Temanya ya begitulah sesuai dengan gaya saya. Aku juga konsen bikin mural di pinggir sungai, style abstrak yang sudah aku tekuni dari 20 tahun yang lalu," pungkasnya.

Simak artikel berikutnya.


[Gambas:Instagram]


(tia/mah)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed