DetikHot

art

Dua Penari Indonesia di Panggung Dunia akan Berbagi Ilmu di Desa Balingka

Rabu, 01 Ags 2018 13:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Dua Penari Indonesia di Panggung Dunia akan Berbagi Ilmu di Desa Balingka Dua Penari Indonesia di Panggung Dunia akan Berbagi Ilmu di Desa Balingka Foto: Istimewa
Jakarta - Dua penari Indonesia yang telah menjelajahi panggung dunia Ditta Miranda dan Rianto akan kembali desa serta menggali akar budaya Tanah Air. Pada 6-11 Agustus mendatang, keduanya bakal berbagi pengalaman dengan anak-anak di Desa Balingka, Sumatera Barat.

Selama 6 hari, dua penari itu akan membuka wawasan 30 anak-anak usia 8-12 tahun untuk mengetahui dunia tari. Acara yang berada di bawah asuhan Yayasan Marsini Komunitas Budaya (YMKB) Balingka.

Gagasan lokakarya ini muncul saat anak-anak YMKB Balingka yang berada di bawah asuhan Indra Zubir membuat proyek Nelken Line dari Pina Bausch Foundation.

"Proyek ini mengajak semua orang di seluruh dunia untuk mengirim video dan menarikan sepenggal bagian dari karya koreografi Pina Bausch yang menggambarkan empat musim," tulis keterangan pers kepada detikHOT.


Dua Penari Indonesia di Panggung Dunia akan Berbagi Ilmu di Desa BalingkaDua Penari Indonesia di Panggung Dunia akan Berbagi Ilmu di Desa Balingka Foto: Istimewa


Ditta merupakan balerina dan saat ini menjadi penari Tanztheater Wuppertal - Pina Bausch. Sedangkan Rianto adalah penari yang berangkat dari tradisi Lengger - Banyumas yang terkenal di panggung dunia.

Ia telah bekerja bersama koreografer dunia lainnya yakni Akram Khan (Inggris), Choy Ka Fai (Siingapura), dan Pappa Tarahumara (Jepang).

"Saya berharap kehadiran Ditta dan Rianto akan menginspirasi anak-anak Balingka, bagaimana kesenian bisa membawa mereka menembus panggung internasional, sehingga mereka bisa melihat peran penting menjadi tradisi budaya," ujar Teguh Ostenrik penggagas YMKB.



(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed