detikHot

art

Gaet Penari Muda, Indonesia Dance Company Kian Berkibar

Kamis, 26 Jul 2018 19:35 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Indonesia Dance Company (Tia Agnes Astuti/detikHOT)
Jakarta - Tak banyak sekolah balet di Indonesia yang mampu mendirikan perusahaan profesional dan mampu membawa penari-penarinya ke tingkat internasional. Berdiri sejak 2016 lalu, Indonesia Dance Company (IDCO) berhasil mengharumkan nama bangsa mulai dari tingkat Asia hingga Amerika Serikat.

Di usia yang ketiga ini, IDCO kian digemari oleh generasi muda. Anggotanya pun bertambah hampir 50 persen banyaknya.

Artistic Director IDCO Claresta Alim menuturkan dengan bertambahnya jumlah anggota memang menjadi tujuan utama dari IDCO.

"Untuk meregenerasi balerina-balerina muda. Dan 50 persen di anggota kami adalah baru, yang paling banyak usia 17 sampai 20 tahun," ujar perempuan yang akrab disapa Tata usai jumpa pers di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Kamis (26/7/2018).

Ia pun menyebutkan dengan adanya pertunjukan 'Its... Showtime!', IDCO ingin menjadi 'kandangnya' bagi balerina dan sekolah-sekolah balet yang ada di Indonesia. "Kalau pergi ke lomba, sekarang balet Indonesia sudah dikenal. Kompetisi Grand Prix juga mereka datang ke Indonesia, kita bisa lumayan eksis. Youth American Grand Prix mereka juga mampir ke Jakarta," lanjutnya.

Sebelumnya para penari IDCO tampil di Polandia pada Mei lalu. Datang atas undangan menghadiri sebuah festival, IDCO berhasil memboyong tarian Betawi yang dipadukan dengan koreografer kontemporer serta membuat warga negara asing terpukau.

"Tahun depan kemungkinan kami ke Peru. Kita sudah ada delegasi yang jadi tim di satu festival di Peru dan ke Jerman," tandasnya.


(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com