Ratusan Artefak Seniman Nyentrik Frida Kahlo Dipajang di London

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 25 Jul 2018 10:51 WIB
Ratusan Artefak Seniman Nyentrik Frida Kahlo Dipajang di London Foto: Istimewa
Jakarta - Sepeninggal Frida Kahlo pada 1954 silam, nama seniman nyentrik asal Meksiko itu masih dikenang sampai sekarang. Karya-karyanya masih dikenal dan mempengaruhi seniman muda.

Kini ratusan artefak dari Frida Kahlo dipamerkan di London Victoria and Albert Museum yang dibuka bulan ini. Lewat pameran berjudul 'Frida Kahlo: Making Her Self Up', karya memukau Frida dipuji publik.

Salah satu yang dipamerkan adalah baju-baju Frida. Istri dari Diego Rivera itu memang dikenal sebagai pelukis dengan gaya berpakaian yang tak biasa. Di bagian rambutnya ditata dengan bunga-bunga maupun tumbuhan.



Warna pakaian yang dikenakan juga berwarna-warni. 'Making Her Self Up' menampilkan pendekatan modern dengan generasi masa kini.

"Lewat baju-baju Frida kita bisa melihat latar belakang untuk pengalaman intim dengan obyek-obyek Frida," ujar pernyataan pameran seperti dilansir detikHOT, Rabu (25/7/2018).

Tim desain yang dipimpin oleh arsitek Tom Scutt itu menghadirkan dualitas Frida. "Citra luarnya adalah seseorang yang kuat dengan disabilitas-nya. Di satu sisi ada identitas Meksiko dan nenek moyangnya di Eropa," lanjutnya lagi.

'Frida Kahlo: Making Her Self Up' berlangsung hingga 4 November 2018.

(tia/tia)