DetikHot

art

Kartun 'Ironi' Karya Mice Ini Nyentil Kehidupan Karyawati Jakarta

Senin, 23 Jul 2018 12:12 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Kartun Ironi Karya Mice Ini Nyentil Kehidupan Karyawati Jakarta Kartun 'Ironi' Karya Mice Ini Nyentil Kehidupan Karyawati Jakarta Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Lebih dari 50 karya dari kartunis Mice tengah dipamerkan di Gedung D Galeri Nasional Indonesia. Salah satu kartun yang menjadi 'highlight' dari pameran 'Indonesia Senyum - 20 Tahun Berkarya' adalah 'Ironi'.

Kartun yang dibuat pada 2014 itu menyentil kehidupan seorang karyawati. Terdiri dari dua panel dan minim teks yang terbilang berbeda dari kartun kebanyakan Mice, karya tersebut menarik perhatian pengunjung.

'Ironi' ditampilkan dalam bentuk lightbox yang penuh warna. Di dua panel, ada bagian tempat tinggal dan kerja. Karyawati yang berpakaian necis dan rapi itu keluar dari rumah sederhana yang terlihat seperti 'gubuk'. Di panel satunya lagi ada lokasi tempat kerja di gedung bertingkat di perkotaan.



"Ini yang istimewa sekaligus ironis yah. Karyawati tinggal di rumuh kumuh tapi berkerja di tempat gedung bertingkat," kata Mice ditemui di Galeri Nasional Indonesia (GNI).

Kurator pameran Evelyn Huang pun menambahkan kartun 'Ironi' memperlihatkan gemerlapnya Ibu Kota.

"Jakarta itu ibaratnya seperti Indonesia kecil. Tapi kondisi seperti ini banyak terjadi mungkin di masyarakat kita," pungkas dia.

Pameran tunggal 20 tahun Mice Berkaya masih bisa dilihat hingga 4 Agustus 2018. Di hari terakhir pameran, akan berlangsung peluncuran buku 'United Colors of Indonesia 2' pada Sabtu (4/8) pukul 15.00 WIB.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed