DetikHot

art

70 Seniman Respons Pameran 100 Tahun Hendra Gunawan

Kamis, 19 Jul 2018 20:08 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
70 Seniman Respons Pameran 100 Tahun Hendra Gunawan Foto: 100 Tahun Hendra Gunawan (Tia Agnes/detikHOT)
Jakarta - Perayaan 100 tahun Hendra Gunawan dimeriahkan oleh puluhan seniman yang berpartisipasi meramaikan. Lewat pameran 'Spektrum Hendra Gunawan' yang dikuratori oleh Rifky Effendy, para seniman merespons karya sang maestro.

"70 seniman kontemporer ada yang kami undang dan ada juga yang emerging lainnya lewat aplikasi open call," ujar pria yang akrab disapa Goro di Ciputra Artpreneur, Kamis (19/7/2018).

Karya-karya Hendra diakui Goro secara artistik merupakan salah satu yang orisinil, punya gaya, dan tema-tema yang menarik.

"Ada banyak spektrum yang menarik dari penggarapan bentuk, warna dan warni yang berani. Saya jarang melihat warna yang bertabrakan dan punya satu kemampuan artistik yang harmonis. Itu nilai tinggi bagi karya-karya Hendra," lanjut Goro.

Ke-70 seniman yang diundang, menurut Goro karena bersentuhan dengan eksplorasi bentuk, warna, maupun karya-karya abstraksi. Ada juga seniman yang memandikan karya Hendra sebagai acuan, tapi ada juga yang hanya memaknai saja.

Di antara seniman yang berpartisipasi yakni Agung Kurniawan, Theresia Agustina Sitompul, Arkiv Vilmansa, Hanafi, Davy Linggar, Eddy Susanto, Eldwin Pradipta, Erika Ernawan, Franziska Fennert, Galam Zulkifli, Heri Dono, Jumaldi Alfi, Made Wianta, Mella Jaarsma, Nasirun, Nindityo Adipurnomo, Otty Widasari, dan lain-lain.

Kolektor Ir. Ciputra juga berharap melalui karya-karya yang direspons dapat meneruskan ciri khas Hendra.

"Banyak kolektor atau anak muda yang lahir setelah Hendra. Kami ingin mengekspresikan pada kolektor yang msh muda. Jadi kami memanggil 70 seniman kontemporer untuk merespons dan mereka menampilkan dengan kekinian," tandasnya.


(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed