DetikHot

art

Kartunis Mice Gelar Pameran Tunggal 'Indonesia Senyum - 20 Tahun Berkarya'

Rabu, 18 Jul 2018 09:42 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Kartunis Mice Gelar Pameran Tunggal Indonesia Senyum - 20 Tahun Berkarya Kartunis Mice Gelar Pameran Tunggal 'Indonesia Senyum - 20 Tahun Berkarya' Foto: Istimewa
Jakarta - Kartunis Muhammad 'Mice' Misrad segera menggelar pameran tunggal yang berjudul 'Indonesia Senyum - 20 Tahun Mice Berkarya'. Pameran dibuka di Gedung D Galeri Nasional Indonesia pada Jumat (20/7) mendatang oleh Wimar Witoelar.

Pameran yang diselenggarakan oleh Octopus Garden ini merayakan pencapaian Mice yang berkarya selama 20 tahun. Ia pun kerap membicarakan mengenai isu urban, politik, dan gaya hidup.

"Tema gaya hidup dan opini politik merupakan kekhasan Mice yang pastinya ada di dalam pameran," ujar salah seorang kurator pameran Evelyn Huang kepada detikHOT.

Ia mencontohkan salah satu karya Mice yang akan dipamerkan adalah 'Ironi'. Karyanya menampilkan kontras pemukiman kumuh seorang karyawati di tengah tempat gemerlap gedung perkantoran tempat ia bekerja di Ibu Kota.



Karya yang dipamerkan mulai dari awal karier, karya yang banyak dikenal publik, hingga karya teranyar Mice ditampilkan di pameran ini. Dengan bantuan media digital, karya Mice juga akan ditampilkan dalam format yang mutakhir.

"Ada juga beberapa karya dari tahun 1998 yang menggambarkan optimisme saat era Reformasi baru dimulai," lanjutnya.

Lewat pameran tunggal 'Indonesia Senyum', Mice ingin mengingatkan masyarakat untuk terus tersenyum di tengah hiruk pikuk kemelut kehidupan warga Indonesia saat ini.

Baca Juga: Dua Bulan Lagi, Komikus Mice Terbitkan Komik Inspiratif

"Melalui komik, kartun profil, arsip, game, dan animasi, pameran ini menawarkan kelucuan khas Indonesia yang tidak banyak dijumpai di media lain," tulis pernyataan dalam keterangan pers.

Karier kartunis Mice dikenal sejak tahun 2003 ia menjadi kartunis purnawaktu dan rutin mengisi rubrik 'Benny & Mice' di Kompas Minggu. Kini Mice menjadi kartunis tetap di Harian Rakyat Merdeka dan menerbitkan sejumlah buku. Di antaranya adalah 'Indonesia 1998', 'Indonesia Banget', dan 'United Colors of Indonesia'.

Pameran berlangsung pada 21 Juli sampai 4 Agustus 2018 di Gedung D, Galeri Nasional Indonesia.


Old Jokes Never Die @hariankompas #mataminus

A post shared by Mice Cartoon (@micecartoon.co.id) on Jul 17, 2018 at 12:05am PDT




(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed