DetikHot

art

Nafas Baru Pelukis Abstrak Haryanto Gunawan di Pameran ke-2

Senin, 16 Jul 2018 18:19 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Nafas Baru Pelukis Abstrak Haryanto Gunawan di Pameran ke-2 Nafas Baru Pelukis Abstrak Haryanto Gunawan di Pameran ke-2 Foto: Istimewa/ Haryanto Gunawan
Jakarta - Sukses menggelar pameran tunggal 'Colours [e]motions' pada 2016 lalu, pelukis abstrak Haryanto Gunawan kembali menampilkan karya-karya terbaru. Nafas seni lukis abstrak dan eksplorasinya lebih mendalam terdapat di pameran tunggal kedua yang berjudul 'Spirit [e]emotions' yang dibuka pada 15 Juli lalu.

Ada 23 karya abstrak dengan teknik baru yang dapat pengunjung jumpai di Museum Ciputra Artpreneur Jakarta. Dikuratori oleh Aminuddin TH Siregar, Sally Texania, dan Eddy Soetriyono.

Salah satu kurator pameran Aminuddin TH Siregar mengatakan lukisan abstrak Haryanto Gunawan tampil lebih leluasa dan mampu membangun asosiasi yang terbaru dibandingkan pameran sebelumnya.



"Secara keseluruhan lukisan-lukisan dalam dua pameran tersebut masih memperlihatkan konsistensi yang sama. Baik pada pameran tunggal 'Spirit' maupun 'Colours', lukisan-lukisan Haryanto memperlihatkan dimensi lirikal maupun kualitas-kualitas artistik yang dihasilkan dari pengalamannya," kata Aminuddin TH Siregar dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Senin (16/7/2018).

Nafas Baru Pelukis Abstrak Abstrak Haryanto Gunawan di Pameran ke-2Nafas Baru Pelukis Abstrak Abstrak Haryanto Gunawan di Pameran ke-2 Foto: Istimewa/ Haryanto Gunawan


Teknik yang lebih berkembang itu diakui Sally Texania yang merupakan kurator pameran lainnya lantaran adaptasi teknis yang dilakukan oleh Gerhard Richter dengan palet. Serta Christoper Wool dengan airbrush yang ditemukannya sebagai referensi," kata Sally.

Eddy Soetriyono yang lebih menelisik mengenai point of view yang dinilainya lebih bebas dari belenggu hukum-hukum seni rupa modern. Karya Haryanto tak lagi tunggal dan diam tapi bergerak ke kedalaman yang berlayer-layer.

Nafas Baru Pelukis Abstrak Abstrak Haryanto Gunawan di Pameran ke-2Nafas Baru Pelukis Abstrak Abstrak Haryanto Gunawan di Pameran ke-2 Foto: Istimewa/ Haryanto Gunawan


"Kadang center of interest-nya mengalun tenang tapi ada kalanya menciptakan ombak nan timbul tenggelam. Mengalir dari luar kanvas, point of view-nya berjalan sambil selalu bermetamorfosis," katanya.

Haryanto melukiskan arus kehidupan yang terus mengalir lewat lukisan 'Flowing'. Dalam 'Sway Grass', ada padang rumput yang luas dan tak tertembus batas di atas kanvas. Lalu ada juga 'Swirl' yang menjadi pusaran-pusaran angin puting beliung yang culas, dan membinasakan apapun yang dilaluinya.

Pameran tunggal ke-2 Haryanto Gunawan berlangsung pada 15-21 Juli 2018.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed