DetikHot

art

Demam Piala Dunia, Pameran Ini Pajang 50 Karya tentang Sepakbola

Jumat, 06 Jul 2018 17:08 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Demam Piala Dunia, Pameran Ini Pajang 50 Karya tentang Sepakbola Demam Piala Dunia, Pameran Ini Pajang 50 Karya tentang Sepakbola Foto: Guardian
Jakarta - Demam Piala Dunia menimpa siapapun termasuk para seniman. Dunia seni dan olahraga tidak berhubungan erat tapi bisa disatukan dalam sebuah pameran seni yang berjudul 'The World's Game: Fútbol and Contemporary Art' di Perez Art Museum Miami.

Pameran khusus digelar sebagai pemersatu antara seni dan sepakbola. Mulai dari budaya penggemar yang fanatik, politik, nasionalisme, sampai pesepakbola yang dianggap sebagai pahlawan.

Ada 50 karya seni dari 40 seniman yang dipamerkan. Direktur Museum Franklin Sirmans mengatakan tak hubungan antara seni dan olahraga.



"Piala Dunia adalah fenomena yang lebih besar dengan suasana yang lebih dari kita harapkan di seluruh dunia," ujar Sirmans dilansir dari Guardian, Jumat (6/7/2018).

Demam Piala Dunia, Pameran Ini Pajang 50 Karya tentang SepakbolaDemam Piala Dunia, Pameran Ini Pajang 50 Karya tentang Sepakbola Foto: Guardian


Ada karya seni instalasi kerumunan stadion yang kacau balau, patung-patung yang dipenuhi oleh bendera negara yang berpartisipasi, instalasi bola-bola yang sudah kempes, dan lain-lain.

"Sepakbola memungkinkan kita untuk datang bersama-sama, tidak peduli asal negara kita. Sepakbola adalah tempat kita berbicara melintasi hambatan," katanya lagi.



Salah satu seniman yang berpameran adalah Kehinde Wiley. Pelukis yang baru saja melukis Barack Obama itu membuat lukisan striker asal Kamerun Samuel Eto'o. Andy Warhol pun juga memotret pesepakbola Pele. Seniman New York menampilkan karya seni yang mempertanyakan mentalitas olahraga 'rival' yang tak berbudaya.

Pameran berlangsung hingga 2 September mendatang.


(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed