DetikHot

art

Karya Seni Langka JRR Tolkien Dipajang Perdana di Inggris

Senin, 04 Jun 2018 11:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Karya Seni Langka JRR Tolkien Dipajang Perdana di Inggris Karya Seni Langka JRR Tolkien Dipajang Perdana di Inggris Foto: BBC
Jakarta - Karya seni langka dari JRR Tolkien yang dikenal sebagai pencipta 'The Lord of the Rings' akan dipamerkan perdana di Inggris. Pameran yang berjudul 'Tolkien: Maker of Middle-earth' itu dipajang di Perpustakaan Bodleian di Oxford Inggris.

Karya yang berasal dari Inggris, AS, dan Prancis itu belum pernah diperlihatkan pada publik. Termasuk tiga karya seni Tolkien yang selama ini dimiliki kolektor pribadi.

Ada juga manuskrip, peta, surat dari arsip Perpustakaan Bodleian, dari Universitas Marquette di Wisconsin, dan koleksi lainnya. "Ini adalah pertama kalinya materi karya JRR Tolkien kembali ke Inggris," ujar kurator pameran Catherine Mcllwaine seperti dilansir dari BBC, Senin (4/6/2018).



Perempuan yang juga berprofesi sebagai Tolkien Archivist itu mengatakan Oxford dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan karena nilai bersejarah dari kehidupan JRR Tolkien.

"JRR Tolkien menulis buku dan menggambar karya seninya di sini," katanya lagi.

Penulis 'The Lord of the Rings' dan 'The Hobbit', JRR TolkienPenulis 'The Lord of the Rings' dan 'The Hobbit', JRR Tolkien Foto: JRR Tolkien


Keluarga JRR Tolkien pun juga meminjamkan pensil warna yang digunakan untuk membuat karya seni 'The Lord of the Rings' dan kotak cat poster yang ia gunakan untuk buku 'The Hobbit'. Pipa tembakau milik sang penulis juga dipinjamkan dari pihak keluarga.

"Dia selalu merokok ketika menulis, menggambar, dan melukis. Ia mengatakan aktivitas tersebut membantunya untuk berkonsentrasi. Ia tidak bisa menulis tanpa itu semuanya," kata Mcllwaine.

Surat-surat yang tak pernah dikirim JRR Tolkien pada penyair WH Auden, novelis Iris Murdoch dan Terry Pratchett, serta penulis lagu Joni Mitchell turut dipamerkan.




(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed