DetikHot

art

Pameran Tunggal ke-2 Naufal Abshar Lebih Eksploratif

Kamis, 24 Mei 2018 20:34 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pameran Tunggal ke-2 Naufal Abshar Lebih Eksploratif Foto: Naufal Abshar (Tia Agnes Astuti/detikHOT)
Jakarta - Naufal Abshar tak ingin berleha-leha dalam proses berkarya. Di pameran tunggal yang kedua 'The World of Entertainment' yang berlangsung di d'Gallerie Jakarta, beragam eksplorasi dijelajahi oleh lulusan Lasalle College of the Arts Singapura dan Goldsmith University of London.

Di pameran tunggal yang kedua, Naufal memamerkan 13 karya seni di antaranya adalah lukisan, scuplture-painting, dan fotografi. Di beberapa karya, teknik dan medium makin dimantapkan Naufal. Contohnya lukisan 'Fight for Love?' yang digarapnya selama setahun.

"Saya suka mainkan kanvas dengan bentuk yang tak biasa, ada yang kecil, segitiga, atau bentuk kanvas lainnya. Nah sebelumnya kepikiran pakai engsel pintu, saya pakai lem. Kayak gini nih," tunjuk Naufal sambil menjelaskan karyanya di d'Gallerie Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Di karya instalasi lainnya yang berjudul 'Work, Insurance Bills-Repeat', Naufal justru menambahkan unsur kinetik. Karya yang menggelitik bagi para pekerja keras ini mengajak pengunjung untuk berpose dan mengupload ke media sosial.

Pameran Tunggal ke-2 Naufal Abshar Lebih EksploratifFoto: Naufal Abshar (Tia Agnes Astuti/detikHOT)

Di karya yang disebut pria kelahiran Bandung 1993 silam sebagai scuplture-painting, ia menaruh lukisan di atas kasur rumah sakit. Didominasi warna biru tua, lukisannya menampilkan sosok pria sakit yang mengenakan pakaian bermerk Prada dan ingin eksis di media sosial tapi telepon selulernya mati.

"Ini juga eksplorasi saya yang lebih jauh lagi. Sederhananya orang menyebut sebagai karya instalasi tapi ini scuplture-painting yang nggak biasa. Banyak pengunjung yang suka dan berpose di sini," kata Naufal.

Selain itu eksplorasinya yang berbeda ketimbang eksibisi solo perdana di Singapura beberapa waktu lalu adalah dari segi warna. Meski banyak warna yang dipakai dan tampak meriah, namun kali ini ia menguranginya.

"Kelihatan kan nggak terlalu meriah banget. Warnanya banyak tapi sekarang nggak semeriah dulu," pungkas Naufal.

Ke-13 karya Naufal dalam pameran tunggal kedua berjudul 'The World of Entertainment' masih bisa dilihat di d'Gallerie Jakarta sampai akhir bulan ini.




(dal/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed