DetikHot

art

Museum MACAN: Tak Ada Kerusakan Permanen di Karya Yayoi Kusama

Senin, 21 Mei 2018 15:10 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Museum MACAN: Tak Ada Kerusakan Permanen di Karya Yayoi Kusama Museum MACAN: Tak Ada Kerusakan Permanen di Karya Yayoi Kusama Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Rumor tentang kerusakan karya-karya Yayoi Kusama di Museum MACAN Jakarta telah diluruskan pihak museum. Mereka menegaskan tidak ada kerusakan sama sekali di pameran 'Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow'.

"Tidak ada kerusakan permanen sama sekali di karya Yayoi Kusama," tutur Communications Officer Museum MACAN Nina Hidayat saat dihubungi detikHOT, Senin (21/5/2018).

Nina kembali menjelaskan pengait bola-bola di bagian 'Narcissus Garden' sama sekali tak rusak. "Tak ada yang pecah atau retak sama sekali."



Foto-foto yang tersebar di media sosial sepanjang akhir pekan lalu pun, diakui Nina bukan berasal resmi dari pihak museum. Foto 'dots' hitam yang tersobek itu tidak berasal dari ruang pamer namun dari 'Obliteration Room' yang memang mengajak pengunjung berpartisipasi.

"Jadi sangat wajar kalau ada kerobekan. Sangat wajar karena itu memang partisipatif dengan pengunjung. Yang di 'Narcissus Garden', bolanya ada bergeser itu karena seni lingkungan mengikuti 'flow' lingkungan," kata Nina.

Demi menjaga tertibnya alur pengunjung dan karya seni, pihak museum juga menyewa 150 museum assistant atau dikenal dengan sebutan volunteer. Dari mereka pula yang kerap memperingatkan pengujung dan menjaga di beberapa karya seni instalasi.



Setelah foto dugaan kerusakan yang diupload pihak volunteer menjadi viral, pihak museum akan menangani isu tersebut secara internal.

"Pastinya pihak museum menangani isu ini dengan internal," ujar Nina.

Pameran 'Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow' di Museum MACAN Jakarta selama bulan Ramadan masih berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB kecuali hari Senin libur.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui tanggapan netizen soal viralnya isu adanya keruskaan karya Yayoi Kusama di Museum Macan di sini:

[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed