DetikHot

art

Terinspirasi Semangat Balerina, Seniman Kuba Bikin Patung Monumental

Jumat, 18 Mei 2018 17:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Terinspirasi Semangat Balerina, Seniman Kuba Bikin Patung Monumental Terinspirasi Semangat Balerina, Seniman Kuba Bikin Patung Monumental Foto: My Modernmet
Jakarta - Pematung asal Kuba Rafael San Juan merayakan semangat dari para penari balet dengan patung monumental. Karya yang diciptakan untuk Biennial Havana 2015 itu menjulang setinggi 7 meter.

Ia mempelajari tentang gerakan dan sensualitas perempuan yang terinspirasi dari penari Balet Nasional Kuba. Patung yang berjudul 'Primavera (Spring)' itu menampilkan ekspresi yang kuat dan penuh harap dari seorang perempuan.

Dilansir dari My Modern Met, San Juan mengatakan pernah mengobrol dengan seorang penari utama dari Balet Nasional Kuba Viengsay Valdés.



"Saya mempelajari gerakan Valdes yang menyampaikan semangat dari karyanya dan penjelasannya tentang konsep penari balet Kuba memikat saya," katanya.

Dari hasil obrolannya, perempuan tidak harus melihat ke bawah. "Wanita di sini kuat dan mereka menghadapi kebahagiaan, pekerjaan, dan masalah secara langsung," tutur Valdes lagi.

Lebih dari 3 bulan lamanya, San Juan membuat patung tersebut dan menghabiskan dua ton baja daur ulang. Material bekas tersebut berhasil menciptakan patung yang mengagumkan.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed